RB Zainal Arifin, Loloskan 17 Atlet, Jatim Juara Umum Pra PON Gulat

261
  • Amin Istighfarin
RB Zainal Arifin, monev KONI Jatim bersama Puji Prasetyo, peraih medali emas Pra PON/2019. (foto/istimewa)

SURABAYA –  Kontingen Jawa Timur tampil sebagai juara umum Pra PON setelah berhasil meloloskan 17 atlet ke PON tahun 2020 di Papua. Dengan rincian meraih 6 medali emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Kebehasilan tim Gulat Jawa Timur tak lepas dari kerja keras mulai atlet, pelatih, Ketua Pengprov PGSI dan seluruh offisial dan perhatian khusus Ketua Umum KONI Jawa Timur Pak Erlangga Satriagung dengan segala fasiitas yang diberikan.

“Hasil ini memicu semangat untuk menyiapkan atlet dengan sisa waktu  yang ada sebelum berlaga di PON Papua nanti,” ungkap RB Zainal Arifin, monev Cabor Gulat Jawa Timur saat dihubungi Wartatransparansi.com.

Keenam peraih medali emas diantaranya Hasan Sidik, Puji Prasetyo, Agus Fajar, Dimas Septo Anugerah, Varadisa Septi Putri dan Lulut Gilang Saputra. Dari 18 kelas yang dipertandingkan untuk Cabor Gulat, Jawa Timur sudah meloloskan 17 atlet.

Jumlah kelas yang dipertandingkan pada PON XX/2020 Papua, menurun menjadi 18 kelas. Sedangkan PON Jabar sebanyak 26 kelas.

Zainal Arifin yang juga Ketua Dewan Pembina Pengprov PGSI Jawa Timur menyatakan, melihat persaingan ditingkat nasional, Provinsi Kaltim harus tetap di waspadai sebab Kaltim masih menyimpan kekuatan tersembunyi. Juga kontigen Jabar dan Kalsel. Sama seperti saat PON di Jabar empat tahun lalu, tiba tiba Jabar tampil perkasa.

Saat itu Jatim berhasil memenuhi target KONI, bahkan melebihi yaitu empat medali emas. Sedangkan di PON XX/2020 Papua, target PGSI Jawa Timur 6 emali emas. Namun KONI Jawa Timur menaikan capaian emas di PON Papua.

Tugas kami segera melaporkan kepada Ketua Umum Pak Erlangga Satriagung. Berikutnya melakukan evaluasi internal. “Kami masih akan melihat event event nasional lainya,”  ugkap mantan anggota DPRD Jatim ini penuh gembira.

Untuk memenuhi target KONI Jawa Timur, seluruh tim Puslatda Gulat harus kerja keras. Pra PON adalah sasaran antara saja menuju PON. Dan di PON nanti pertandingan yang sesungguhnya karena semua provinsi akan all out. ” Alhamdulillah 17 atlet sudah lolos menuju PON Papua,” tandas Anang, panggilan akrap RB Zainal Arifin. (min)

Perolehan medali hingga Selasa (5/11/2019) malam

  1. JATIM     : 6 – 5 – 6
  2. KALTIM   : 5 – 3 – 6
  3. JABAR     : 2 – 3 – 4
  4. KALSEL   : 2 – 1 – 5
  5. SUMBAR  : 1 – 1 – 3