Senin, 12 April 2021
28 C
Surabaya
More
    Tak BerkategoriMasyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem 

    Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem 

    Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika () dalam rilis resmi memprakirakan, akan terjadi hujan lebat di beberapa wilayah di pada kurun waktu tanggal 1 sampai 5 Juni 2019.

    R. Mulyono R. Prabowo Deputi Bidang Meteorologi BMKG menjelaskan, berdasarkan pantauan kondisi atmosfer , terdapat indikasi peningkatan kelembapan atmosfer di wilayah Indonesia. Pemicu utama yang menyebabkan hal tersebut adalah aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) yang mulai memasuki wilayah Samudera Hindia.

    “Kondisi ini dapat menimbulkan adanya daerah pusaran angin, pertemuan angin, dan perlambatan kecepatan angin yang berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” kata Mulyono, Sabtu (1/6/2019).

    Mulyono mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut seperti , tanah longsor, banjir bandang, serta potensi gangguan transportasi akibat angin kencang dan gelombang tinggi.

    “Karena selain potensi hujan lebat, diprakirakan juga ada potensi angin kencang di beberapa wilayah yaitu: Banten, Jawa Barat, NTT, , dan Papua,” katanya.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan