Kamis, 28 Maret 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurGresikKetua Komisi ll DPR Zainudin Amali dan Ketua KPU Arief Budiman Saksikan...

    Ketua Komisi ll DPR Zainudin Amali dan Ketua KPU Arief Budiman Saksikan Pencetakan Surat Suara

    Gresik  – Ketua Komisi ll DPR RI  Zainudin Amali dan Ketua KPU RI Arief Budiman melihat dari dekat proses pencetakan perdana kertas suara pada Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif di pencetakan Temperina, di desa Sumengko Kec. Wringinanom, Gresik Jawa Timur, Minggu (201/2019).

    Selain Ketua Komisi ll DPR RI Zainudin Amali dan Ketua KPU RI, ikut mendampingi Ketua DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) Harjono dan Ketua Bawaslu RI Abhan. “Kami semua datang kesini untuk mengetahui secara langsung produksi perdana surat suara dan formulir KPU,” tegas Arief Budiman.

    Lebih lanjut Arief mengatakan, ada 6 konsorsium yang mengerjakan surat suara, dan bergabung dengan 35 perusahaan.

    Ketua Komisi ll DPR Zainudin Amali dan Ketua KPU Arief Budiman Saksikan Pencetakan Surat Suara“Total ada 939.979 juta surat suara yang percetakannya dilakukan di Gresik. Dari jumlah itu, tidak hanya untuk Provinsi Jatim melainkan juga 9 provinsi lainnya. Diantaranya Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali dan lain-lain,” ujarnya.

    Ia menambahkan, target seluruh surat suara dan formulir KPU dipatok pada 11 Maret 2019 harus sudah selesai. Setelah itu, pada 15-16 Maret didistribusikan ke KPU kota dan kabupaten. Selanjutnya, dilakukan penyortiran sebelum dimasukkan ke kotak suara.

    “Untuk percetakan surat suara maupun distribusi. Kami tetap memprioritaskan tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat distribusi,” tuturnya.

    Arief Budiman juga menekankan, terkait dengan ini. Dirinya, menghimbau jangan sampai saat distribusi surat suara tertukar dari Dapil 1 dikirim ke Dapil 2.

    “Dapil yang terdaftar ada 2.592 Dapil. Jadi tidak boleh salah sewaktu melakukan pendistribusian atau produksi,” ungkapnya.

    Sementara, Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali menyatakan kehadiran dirinya di Gresik bersama Ketua KPU ingin memastikan tahapan yang dilaksanakan apa berjalan sesuai dengan Undang-Undang PKPU RI.

    “Tahun ini merupakan pengalaman pertama pemilu dijadikan satu baik itu pileg, pilpres, DPD dan DPRD Provinsi maupun kota dan kabupaten. Saya menilai KPU saat ini banyak penghematan dalam menyelenggarakan pemilu secara serentak,” tandasnya. (rin/bis)

    Penulis : Wartatransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan