Rabu, 24 Juli 2024
30 C
Surabaya
More
    LapsusLaporan HajiSoal Tuduhan Petugas Haji Asyik Belanja, Timwas DPR Dinilai Kurang Literasi

    Soal Tuduhan Petugas Haji Asyik Belanja, Timwas DPR Dinilai Kurang Literasi

     

    MADINAH (Wartatransparansi.com) – Salah satu anggota Tim Pengawas (Timwas) DPR Selly Andriany menuduh petugas malah asyik belanja di Madinah usai Salat Jumat, 21 Juni 2024. Padahal, saat itu belum ada jemaah haji Indonesia karena masih berada di Makkah usai menjalani puncak haji.

    Wakil Ketua MUI Anwar Abbas menyayangkan tuduhan itu. Tudingan semacam itu menunjukkan ketidaktahuan atau kurang literasi Selly Andriany terhadap tahapan penyelenggaraan ibadah haji.

    “Kesimpulan saya, mungkin dia tidak tahu. Dikira ada jemaah di sini padahal jemaah belum ada,” terang Buya Anwar Abbas di Madinah, Minggu (23/6/2024).

    Menurut Buya Anwar, jemaah yang berangkat pada gelombang ke-2 belum ada yang ke Madinah. Mereka masih di Makkah usai menjalani puncak haji.

    Baca juga :  Sambut Kedatangan Jemaah, Menag Minta Maaf dan Doakan Kemabrura

    “Jadi siapa yang dilayani? Jadi menurut saya tidak masalah (jika petugas belanja). Jemaah yang dilayani memang tidak ada,” sebut Buya Anwar.

    “Saya rasa memang ketika belum ada jemaah, mereka bisa belanja. Ketika jemaah sudah ada, mereka harus fokus,” sambungnya.

    Buya Anwar menilai petugas haji sudah bekerja dengan baik. Bahkan, jemaah juga mengapresiasi kinerja petugas.

    Buya Anwar juga mengaku telah berdiskusi dengan banyak pihak. Mereka umumnya menilai penyelenggaraan haji tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin, baik dari segi prasarana maupun pelayanan.

    “Saya melihat haji tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin. Ini usai saya berdiskusi dan tanya ke beberapa pihak, dari segi prasarana dan pelayanan,” tandasnya, dikutip dari situs resmi Kemenag RI.

    Baca juga :  Sambut Kedatangan Jemaah, Menag Minta Maaf dan Doakan Kemabrura

    Jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang I sudah mulai kembali ke Tanah Air sejak 22 Juni 2024. Sementara jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang II akan mulai bergeser dari Makkah ke Madinah mulai 26 Juni 2024. (din/min)

    Reporter : Syarifuddin

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan