Rabu, 24 Juli 2024
30 C
Surabaya
More
    LapsusLaporan HajiSambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter Pertama, Menko PMK: Daging Kurban dari Mekah...

    Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter Pertama, Menko PMK: Daging Kurban dari Mekah untuk Atasi Stunting

    JAKARTA (Wartatrabsparansi.com) — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyambut kepulangan Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Debarkasi Jakarta yang telah tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Minggu (23/06/2024) dini hari.

    Menyapa 392 jamaah, Menko PMK memberikan semangat untuk terus meningkatkan syiar kebaikan agama di tengah masyarakat.

    Menko Muhadjir juga menyebut, mabrur atau tidaknya haji seseorang dilihat dari perilaku keseharian setelah melaksanakan ibadah haji.

    “Artinya adalah saat ini bapak/ibu sekalian menjadi pejuang-pejuang Allah SWT untuk menegakkan syiar agama Allah SWT dengan sebaik-baiknya dan setulus-tulusnya, serta tentu saja akan tercermin dari perilaku semua sehari-hari,” ujarnya.

    Baca juga :  Sambut Kedatangan Jemaah, Menag Minta Maaf dan Doakan Kemabrura

    Muhadjir berharap, setelah menunaikan ibadah di Tanah Suci, jamaah haji dapat mencurahkan sebagian hidupnya untuk kepentingan akhirat disertai meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama di lingkungan masyarakat.

    Selain menyambut kedatangan jamaah, Muhadjir direncanakan akan terbang ke Arab Saudi pada awal bulan Juli 2024 mendatang. Rencana ini dilakukan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi secara menyeluruh berbagai macam pelayanan haji yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2024.

    “Di sana (Arab Saudi), saya juga akan memastikan bahwa sebagian daging kurban yang disembelih oleh para jamaah haji Indonesia itu akan dibawa kembali ke Indonesia dalam bentuk daging olahan sehingga aman untuk dikonsumsi,” imbuh Muhadjir.

    Baca juga :  Sambut Kedatangan Jemaah, Menag Minta Maaf dan Doakan Kemabrura

    Upaya untuk memastikan keamanan dan kelayakan daging kurban yang akan disalurkan kepada ibu hamil dan anak-anak dapat mendukung program peningkatan gizi dalam rangka pencegahan stunting di Indonesia.

    “Daging kurban (kita) harapkan nanti bisa kita gunakan untuk menambah gizi bagi ibu hamil dan anak-anak, terutama untuk pencegahan serta pengentasan stunting,” kata Muhadjir.

    Turut hadir mendampingi Menko Muhadjir dalam agenda itu, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Budiono Subambang, Plh. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Suyitno, Plh. Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Sumarjaya, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Provinsi Jakarta Sugih Ilham, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jakarta selaku Ketua PPIH Debarkasi Pondok Gede Cecep Khairul Anwar.(ano/min)

    Reporter : Anwar HD

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan