Rabu, 24 Juli 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriKNPI Kota Kediri Gelar Pelatihan Fotografi dan Desain Produk untuk Pemuda

    KNPI Kota Kediri Gelar Pelatihan Fotografi dan Desain Produk untuk Pemuda

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri menggelar acara pelatihan fotografi dan desain produk untuk para pemuda setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing produk lokal yang dihasilkan oleh para wirausahawan muda di kota tersebut.

    Ketua Pelaksana Irzadi Nirwan, menjelaskan, pihaknya mendatangkan 2 pemateri yang telah memberikan pelatihan pada lingkungan pemerintahan. Biasanya melatih di dinas koperasi, kementerian, dan UMKM. Artinya mereka tenaga profesional dan memiliki sertifikasi.

    ” Kita menghadirkan tutor bersertifikat yakni Oki Nurmalasari dan Rizal Pamungkas,” ucapnya, Sabtu (15/6/2024).

    Pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan KNPI Kota Kediri ini juga mengatakan, untuk peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak sekitar 120 pemuda yang berasal dari organisasi kepemudaan, forum OSIS, dan masyarakat umum yang usianya masih muda.

    Baca juga :  Temukan Ribuan Data TMS, KPU Kota Kediri akan Verifikasi Lanjutan Gandeng Dispendukcapil

    Setelah sukses menggelar pelatihan fotografi dan desain produk untuk para pemuda. Kata Bung Adi KNPI Kota Kediri berinisiatif akan melakukan lanjutan berupa pembentukan grup diskusi kewirausahaan.

    Langkah ini diambil untuk memantau perkembangan hasil usaha para pemuda yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya.

    ” Rangkaian dari kegiatan ini, kami berencana akan membuat grup diskusi bagi peserta. Kemudian kita bagi 4 grup dari sejumlah peserta yang hadir,” urainya.

    Dengan adanya pelatihan ini, KNPI, Bung Adi berharap dapat mencetak lebih banyak wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif. Dalam jangka panjang, KNPI ingin melihat satu pengusaha di setiap keluarga.

    ” Saya berkeinginan agar kedepan dalam satu keluarga, memiliki 1 sosok pengusaha,” terang Bung Adi.

    Baca juga :  Temukan Ribuan Data TMS, KPU Kota Kediri akan Verifikasi Lanjutan Gandeng Dispendukcapil

    Sementara itu, Ketua KNPI Kota Kediri Munjidul Ibad, mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi KNPI Kota Kediri khususnya di bidang UMKM bagi daerah. Terselenggaranya pelatihan ini peserta dapat mengetahui bagaimana foto dan desain yang bagus. Dengan begitu dapat bisa menaikan pendapatan para pelaku UMKM di Kota Kediri.

    ” Pemuda di Kota Kediri jumlahnya semakin bertambah, jika mereka bergerak dalam bidang usaha, secara tidak langsung akan mengangkat perekonomian daerahnya,” ujar pria yang akrab disapa Bung Ibad.

    Ia mengatakan, ditengah perkembangan zaman, pemuda yang terjun ke dunia Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tentunya akan menghadapi berbagai tantangan, mulai dari pemasaran hingga manajemen bisnis. Namun, ia optimis bahwa teknologi modern, termasuk AI, dapat menjadi solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

    Baca juga :  Temukan Ribuan Data TMS, KPU Kota Kediri akan Verifikasi Lanjutan Gandeng Dispendukcapil

    “Pemuda harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar dapat bersaing dan berkembang dalam usaha mereka. Salah satu cara yang efektif adalah dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang dapat memudahkan berbagai aspek dalam berwirausaha,” pungkas Bung Ibad. (*)

    Reporter : Moch. Abi Madyan

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan