Rabu, 24 Juli 2024
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriOrnamen Penyangga Jembatan Brawijaya Kota Kediri Hangus Terbakar

    Ornamen Penyangga Jembatan Brawijaya Kota Kediri Hangus Terbakar

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Kebakaran hebat melanda tiang penyangga sisi Utara bagian barat Jembatan Brawijaya di Kota Kediri, menyebabkan kerusakan yang signifikan pada struktur penting ini.

    Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, sontak mengejutkan warga setempat serta pengguna jalan yang melintasi jembatan yang membentang di atas Sungai Brantas di kota tersebut.

    “Sumber api diperkirakan dari bawah, diduga akibat konsleting listrik yang terkait ornamen yang melekat di tiang jembatan sisi utara ini. Kemudian yang terbakar pelapisnya ada komponen fiber dan kabel. Sementara tiang pancangnya aman karena terbuat dari beton, sehingga kekuatan jembatan masih aman,” kata Kapolsek Kediri Kota Kompol Ridwan Sahara, Senin (10/6/2024).

    Baca juga :  Temukan Ribuan Data TMS, KPU Kota Kediri akan Verifikasi Lanjutan Gandeng Dispendukcapil

    Ia mengatakan guna mengamankan situasi dan melindungi masyarakat, kepolisian segera melakukan penutupan jalan di sekitar Jembatan Brawijaya.

    Penutupan jalan ini dilakukan untuk memastikan keselamatan pengguna jalan dan memudahkan akses bagi 2 regu mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan. Arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif hingga situasi dinyatakan aman dan stabil.

    “Kita alihkan melintas di depan kantor Polres Kediri Kota bagi yang ingin lewat jalur Kelurahan Bandar atau lewat jalur Kelurahan Semampir,” urai Kompol Sahara.

    Meskipun kebakaran ini menyebabkan kerusakan pada ornamen luar jembatan, Kompol Ridwan Sahara memastikan bahwa kondisi jembatan secara keseluruhan masih aman.

    “Yang terbakar hanya aluminium composite panel (ACP) yang melapisi menara jembatan. Tiang pancangnya terbuat dari beton, sehingga kekuatan jembatan masih aman,” ungkapnya.

    Baca juga :  Temukan Ribuan Data TMS, KPU Kota Kediri akan Verifikasi Lanjutan Gandeng Dispendukcapil

    Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan saat ini kobaran api yang melahap ornamen tiang penyangga Jembatan Brawijaya sudah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan