Rabu, 19 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    SultengAsta Siap Acuan Polda Sulteng dalam Pengamanan Pilkada 2024

    Asta Siap Acuan Polda Sulteng dalam Pengamanan Pilkada 2024

    PALU (Wartatransparansi.com) – Menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak, 27 November 2024, Polda Sulawesi Tengah sedang menyiapkan rencana pengamanan pilkada dengan berpedoman pada Asta Siap.

    Asta Siap adalah delapan persiapan yang dapat dijadikan acuan pemolisian berbasis dampak melalui satuan tugas terpadu. Pemolisian berdasarkan dampak permasalahan ini dapat dikategorikan sebagai pemolisian khusus atau kontingensi.

    Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari menjelaskan, Asta Siap, antara lain: Siap Piranti Lunak, Siap Posko, Siap Personel, Siap Latihan Pra Operasi, Siap Sarana Prasarana, Siap Anggaran, Siap Masyarakat, Siap Kondisi Kamtibmas.

    Bentuk kesiapan lain yang dilakukan Polda Sulteng adalah dengan terus membangun koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng dan Bawaslu serta pemangku kepentingan terkait demi sukses Pilkada 2024 “Bahagia” di Provinsi Sulteng.

    “Begitu pula koordinasi yang dilakukan di masing-masing tingkat Polres juga sama karena pelaksanaannya akan dilakukan secara serentak,“ kata perwira menengah Polri ini.

    Ia juga mengimbau masyarakat untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2024 di Provinsi Sulawesi Tengah dengan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

    “Contohnya pelaksanaan Pemilu dan Pilpres Tahun 2024 yang berlangsung aman, damai, dan berintegritas,” ujar Kompol Sugeng. (*)

    Reporter : Rahmat Nur

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan