Rabu, 24 April 2024
26 C
Surabaya
More
    InternasionalJalur Kereta Lagos-Ibadan yang Dibangun China Bantu Bangun Nigeria

    Jalur Kereta Lagos-Ibadan yang Dibangun China Bantu Bangun Nigeria

    LAGOS, NIGERIA (WartaTransparansi.com) – Dibangun oleh China Civil Engineering Construction Corporation (CCECC), Jalur Kereta Lagos-Ibadan menghubungkan pusat ekonomi Nigeria, Lagos, dengan kota industri Ibadan di Nigeria barat daya.

    Resmi dibuka untuk lalu lintas pada Juni 2021 dengan jalur utama yang membentang sepanjang kurang lebih 157 kilometer dan jalur percabangan sekitar 7 kilometer, jalur ini menerapkan standar perkeretaapian modern dan memiliki kecepatan yang dirancang mencapai 150 kilometer per jam.

    Jalur kereta ini menyediakan moda transportasi yang terjangkau dan aman bagi negara berpenduduk terbanyak di Afrika tersebut.

    Tak hanya memfasilitasi perjalanan penumpang, jalur kereta ini juga membantu meningkatkan efisiensi transportasi kargo pelabuhan dan kargo ke wilayah pedalaman.

    Dikutip dari Antara, hingga 5 Maret 2024, Jalur Kereta Lagos-Ibadan yang dibangun oleh China ini telah menuntaskan 1.000 hari pengoperasiannya yang berjalan mulus, dengan arus penumpang mencapai lebih dari 2 juta orang.

    Selain itu, CCECC juga memberikan dukungan teknis menyeluruh bagi pengoperasian jalur kereta itu termasuk melatih sejumlah besar talenta teknis dan manajerial, serta menciptakan peluang kerja bagi warga setempat.

    Hingga saat ini, Jalur Kereta Lagos-Ibadan terus menyuntikkan vitalitas bagi pembangunan sosial-ekonomi Nigeria. (*)

    Reporter : Moh Junaidi Rizki

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan