Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaWali Kota Surabaya dan Bupati Gresik Sepakat Temui Pj Gubernur Cari Solusi...

    Wali Kota Surabaya dan Bupati Gresik Sepakat Temui Pj Gubernur Cari Solusi Banjir

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Wali Kota Eri Cahyadi mengaku telah bertemu dan berkoordinasi dengan Bupati Gresik mengenai luapan Kali Lamong Gresik yang menimbulkan dampak banjir di Surabaya Barat. Keduanya pun sepakat dan berencana untuk bertemu dengan Pj Gubernur Jawa Timur guna mencari solusi terkait persoalan tersebut.

    “InsyaAllah kita juga akan ke Pak Pj Gubernur Jatim menyampaikan hal itu, untuk meminta tolong mengenai Kali Lamong. Mencari solusi seperti apa kalau meluap sehingga dampaknya tidak ke Gresik dan juga tidak ke Surabaya. Karena kali lamong ini juga bukan milik pemerintah kota,” kata Eri, Rabu (28/2/2024).

    Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Kota Surabaya, Syamsul Hariadi menyampaikan bahwa upaya pencegahan banjir di kawasan Jalan Tengger Raya telah dibuatkan tanggul dan segera dilakukan peninggian jalan. Pengerjaan tanggul direncanakan akan selesai dalam dua minggu ke depan.

    Baca juga :  Open Hause Khofifah Ajang Pererat Silaturahmi dan Kuatkan Hablumminannas

    “Tanggul sudah 80 persen tinggal pasang kolom-kolom penguat, sebentar lagi kita selesaikan. Kita juga melakukan pengerukan ke arah hulu jadi sampai ke arah perumahan (Citraland). Pengerukan membutuhkan waktu karena jalan aksesnya harus kita cari. Jalan akses menuju saluran nanti melewati rumah penduduk. Yang kita perlukan koordinasi dengan lurah dan camat,” kata Syamsul.

    Nantinya, setelah pengerjaan tanggul selesai, Dinas SDABM Surabaya akan fokus pada peninggian jalan. Khususnya jalan cekung yang berpotensi menjadi tempat penampungan air.

    “Peninggian jalan mulai jembatan hingga ke utara, rencananya akan ditinggikan mulai 20-30 cm supaya air tidak ngantong di spot-spot tertentu, agar air bisa langsung mengalir dan meluncur ke saluran,” pungkasnya.

    Baca juga :  Meriah, Reuni Akbar dan Halal Bi Halal Keluarga Bani Nyonorejo

    Seperti diberitakan, sebagian wi8layah Surabaya barat alami banjir pada Sabtu (17/2/2024) . Padahal saat itu tidak hujan. Setelah dilakukan pengecekan di lokasi, seperti di Jalan Tengger Raya, akhirnya diketahui penyebabnya adalah kiriman banjir dari wilayah Kabupaten Gresik. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan