Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanDi Magetan, Mulai 2 Januari 2024 Uji Kir Kendaraan Bermotor Gratis

    Di Magetan, Mulai 2 Januari 2024 Uji Kir Kendaraan Bermotor Gratis

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) – Kabar gembira bagi masyarakat pemilik kendaraan bermotor wajib uji. Mulai Tahun 2024, pelayanan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Magetan “Gratis”.Kebijakan ini guna peningkatan keselamatan dan kenyamanan berkendara, serta meningkatkan pelayanan publik.

    Uji Kir gratis sesuai amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah RI No. 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan retribusi daerah.

    Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan Wely Kristanto. Sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik pada masyarakat.” Mulai 2 Januari 2024 retribusi uji bagi kendaraan bermotor wajib uji (KB WU) dihapus/gratis,” terang Wely Kristanto.

    Baca juga :  Jalur Tujuan Wisata Telaga Sarangan Tersendat, Ada Mobil Tertimpa Pohon Ambruk

    Adanya kebijakan uji kir gratis, Wely berharap masyarakat lebih tertib dan disiplin dalam uji kir kendaraannya.Dampaknya peningkatan keselamatan dan kenyamanan berkendara akan semakin terjaga.

    Dengan kebijakan ini menurut Wely akan berdampak peningkatan pendapatan masyarakat. sebab dengan uji kir gratis, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan uji kelayakan kendaraannya. (*)

    Reporter : Rudy Ardi

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan