Sabtu, 13 April 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriKPU Kota Kediri Gelar Bimtek PPS dan Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

    KPU Kota Kediri Gelar Bimtek PPS dan Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Sebagai upaya mengenalkan tahapan-tahapan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) kepada jajaran adhoc. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri mengadakan bimbingan teknis (bimtek) kepada panitia pemungutan suara (PPS), Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 selama dua hari, Selasa (19/12/2023).

    ” Bimtek ini kita selenggarakan selama dua hari yakni 18 – 19 Desember 2023) dengan tujuan PPS nanti akan menyampaikan, bimtek juga diteruskan kepada KPPS yang sekarang sedang kita rekrut ya, jadi terkait dengan bimtek ini meliputi kegiatan dari semua divisi,” kata Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi di salah satu restoran Jalan Hayam Wuruk, Kota Kediri.

    Ia mengatakan peserta bimtek KPU mengundang seluruh PPK di 3 kecamatan, PPS, dan tenaga pendukung. Total ada sekitar 163 orang. Guna memperoleh pembekalan bimtek melibatkan semua unsur divisi KPU Kota Kediri yakni divisi data, divisi teknis, divisi logistik , divisi sosialisasi serta divisi hukum. Seperti, sosialisasi tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

    Baca juga :  Momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Bupati Kediri Tunaikan Sholat ied Bersama Masyarakat

    ” Jadi kita sampaikan juga kepada peserta bimtek secara detail terkait dengan penyelenggaraan pemilu khususnya nanti pada saat di TPS karena regulasinya juga baru. Misalnya mulai dari logistik ada perbedaan perihal pengunaan gembok dulu memakai aluminium atau besi kedepan pemilu 2024 memakai kabel ties,” imbuhnya.

    Lanjut Puspo, setelah mendapat materi bimtek, anggota PPK dan PPS langsung melakukan simulasi tata cara pemungutan dan penghitungan suara. Selain itu petugas PPS juga mendapatkan pelatihan secara teknis bagaimana caranya melakukan pendampingan kepada disabilitas saat mencoblos di TPS.

    Pihaknya juga tengah mempersiapkan rekrutmen Petugas kelompok penyelenggaran pemungutan suara (KPPS) dibuka mulai tanggal 11-20 Desember 2023. Hingga nantinya, hasil seleksi administrasi itu akan diumumkan pada 23-25 Desember 2023.

    Baca juga :  Pemkab Kediri Kolaborasi dengan Polres Pasang ATCS Pantau Kemacetan Arus Mudik Lebaran

    ” pendaftar, nanti mereka akan kami cek dulu apakah mereka menjadi anggota partai politik atau tidak melalui sistem aplikasi Sipol,” ungkapnya.

    Sementara itu, Anggota PPS Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Dewi Nurma, menyampaikan, ia sangat antusias bimtek ini. Meski pada pemilu 2019 sebelumnya ia juga pernah mengikuti bimtek serupa.

    Ia tidak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti untuk kedua kalinya. Terlebih konsep kegiatan digelar secara santai dan serius. Dirinya harus tetap fokus mendalami ilmu yang disampaikan oleh narasumber.

    Hal ini mengingat merupakan awal dari bagaimana cara kerja PPS untuk mensukseskan peyelenggaraan Pemilu 2024.

    ” Sebagai bagian dari masyarakat, saya berharap semoga kegiatan Pemilu 2024 bisa berjalan aman dan nyaman serta sukses,” pungkasnya. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan