Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanDinas Pariwisata Dan Kebudayaan Magetan Tingkatkan SDM Pelaku Jasa Pariwisata

    Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Magetan Tingkatkan SDM Pelaku Jasa Pariwisata

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) – Pengembangan SDM pada industri pariwisata saat ini menghadapi tantangan global yang memerlukan kreativitas, inovasi dan solusi. Salah satu solusi yang perlu ditempuh adalah dengan meningkatkan kompetensi SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan yang tepat.

    Salah satu bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan yaitu melalui pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme bidang pariwisata. Kepala dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Magetan Joko Trihono menyampaikan saat ini pihaknya akan melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada pelaku jasa wisata.” Kita berikan pelatihan peningkatan SDM bagi jasa pelaku wisata,” ujar Joko Trihono.

    Dan pada awal ini akan kami berikan pelatihan kepada Housekeeping hotel hotel di Sarangan, dengan membawa mereka ke salah satu hotel bintang 4 di Solo.Mereka akan dilatih bagaimana cara cara misal membersihkan kamar hotel, cara pasang sprei, cara menyajikan hidangan dan lain lain. ” Nanti semua pelaku jasa wisata akan kita berikan pelatihan sesuai bidangnya masing masing,” ujar Joko Trihono.

    Baca juga :  Ribuan Calon Anggota PPS Ikuti Tes Tulis Di GOR Ki Mageti

    Peningkatan kualitas SDM para pelaku wisata tersebut karena berdasarkan evaluasi dari Disparbud ada kelemahan di bidang SDM dalam pengembangan wisata di Magetan.Ketika nanti sudah dilakukan pembinaan dan pelatihan akan bermanfaat dalam peningkatan potensi wisata yang ada di Magetan.

    Pengembangan wisata dan potensi Kabupaten Magetan diantaranya menciptakan suasana yang aman dan kondusif. “Yang dibutuhkan wisata itu keramahtamaan jadi ketika orang datang dan akan kembali lagi,” ujar Joko Trihono. Kita ciptakan wisata yang baik, menarik seperti wisata telaga Sarangan hingga orang tergerak untuk kembali lagi.

    Selain peningkatan SDM juga perlu organisasi kelembagan pengelolan wisata yang ada di Magetan. Karena merasa nyaman, dan senang makanya mereka akan kembali lagi suatu saat nantinya.Dan untuk menciptakan itu harus bersinergi dengan OPD pemangku lainnya.Hal tersebut akan manarik wisatawan akan kembali lagi dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi Magetan dan masyarakat serta para pelaku jasa wisata. (*)

    Reporter : Rudy Ardi

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan