Kamis, 23 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoGubernur Berangkatkan Puluhan Ribu Peserta Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya

    Katkan

    Gubernur Berangkatkan Puluhan Ribu Peserta Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya

    MOJOKERTO (Wartatransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan puluhan ribu peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya (GMS) yang digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan sekaligus dalam rangka Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim di Lap. Raden Wijaya Surodinawan Kota Mojokerto, Sabtu (4/11).

    GMS Tahun 2023 berlangsung meriah dan semarak. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang luar biasa, terlebih setelah 3 tahun vakum saat pandemi Covid-19, dengan jumlah total peserta mencapai 8.041 orang dari seluruh kelompok usia dan dari seluruh daerah. Selain itu, GMS juga dimeriahkan parade sepeda juang yang diikuti oleh 3.000 peserta sepeda kuno.

    GMS ini menempuh jarak sepanjang 55 Kilometer. Dengan mengambil start di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan Jl. Surodinawan No.74, Mergelo, Prajurit Kulon, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto peserta GMS akan finish di Tugu Pahlawan Surabaya.

    Baca juga :  Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Lansia Tangguh di Mojokerto

    Didampingi Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati, dan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Gubernur Khofifah melepas ribuan peserta dengan mengangkat bendera sebagai pemberangkatan.

    “Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim, Gerak Jalan Mojokerto Suroboyo Tahun 2023 ini saya nyatakan resmi diberangkatkan,” pekiknya.

    Secara khusus, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa GMS ini menjadi bagian untuk napak tilas sejarah perjuangam dan kepahlawanan dari  episentrum nusantara yaitu dari Kerajaan Majapahit. Dimana, oleh Mahapatih Gajahmada dideklarasikan keinginan untuk menusantarakan  seluruh pulau pulau yang ada di seluruh Indonesia.

    “Terima kasih, dan selamat mengikuti Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya. Kita bangga karena kita akan berjalan dari titik Episentrum yaitu Kerajaan Majapahit yang merakit nusantara menjadi satu kesatuan dan menjadi napak tilas sejarah terbentuknya Indonesia atau nusantara. Dan finish di Tugu Pahlawan Surabaya,” ungkapnya.

    Baca juga :  Kembangkan IKM/UMKM, Bupati Mojokerto Beri Penghargaan Bank Jatim 

    “Selamat mengikuti gerak jalan, dan yang bersepada juga selama mengikuti pergerakan kepahlawanan yang begitu luar biasa. Mudah mudahan sehat, selamat sampai di tujuan, serta menyenangkan,” pungkasnya. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan