Jumat, 24 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaWali Kota Eri Ajak Warga Mitigasi Bencana

    Wali Kota Eri Ajak Warga Mitigasi Bencana

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Satu Dekade Peringatan Pengurangan Risiko Bencana, Pemkot Surabaya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar serangkaian kegiatan mulai 25-27 Oktober 2023, di Kantor BPBD Kota Surabaya.

    Pada 25 Oktober 2023, ragam kegiatan yang digelar adalah donor darah, bazar paket sembako murah dan UMKM, hingga pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya, pada 26 Oktober 2023, dilakukan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana. Kedua kegiatan itu berlangsung di Kantor BPBD Kota Surabaya. Sedangkan, pada 27 Oktober 2023, dilakukan kerja bakti.

    Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak masyarakat turut serta dalam memitigasi bencana. Sebab, masyarakat berperan penting dalam mencegah dan menanggulangi bencana. Dimulai dari menginformasikan terjadinya bencana hingga melakukan evakuasi mandiri.

    Baca juga :  Tahun Depan Mahasiswa Aceh di Surabaya Mulai Tempati Asrama Baru

    “Seluruh warga Kota Surabaya ayo kita menjaga Kota Surabaya, serta terkait dengan cuaca musim kemarau banyak terjadi kebakaran maka ayo kita sama-sama menjaga. Kita harus memitigasi agar bisa mengenali resiko dan mencegah bencana di Kota Surabaya,” kata Eri.

    Dia menjelaskan bahwa bencana bisa terjadi kapan saja. Seperti banjir, maupun kebakaran. Karenanya, Pemkot Surabaya tiada henti-hentinya menggelar simulasi mitigasi bencana bagi masyarakat.

    “Ini yang paling banyak adalah kebakaran sehingga saya meminta warga Surabaya bisa menjaga wilayahnya masing-masing dan lebih berhati-hati lagi. Selain itu,  Surabaya saat menangani COVID-19 dalam memitigasi kasus dilakukan bersama seluruh masyarakat. Hasilnya, Surabaya menjadi salah satu kota terbesar dengan penurunan kasus COVID-19 tercepat di Indonesia,” jelas dia.

    Baca juga :  Pj. Ketua PKK Jatim Isye Adhy Karyono Tutup Lomba Desa & Keluruhan

    Sementara itu, Kepala BPBD Kota Surabaya Laksita Rini Sevriani mengatakan, memperingati Satu Dekade Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana, BPBD Surabaya menggelar serangkaian kegiatan mulai 25-28 Oktober 2023.

    Sejak 25 Oktober digelar kegiatan bhakti sosial, donor darah, tes kesehatan, bazar sembako murah dengan tiga komoditi berupa gula, minyak, dan beras.

    Pada  pada 26 Oktober 2023, sosialisasi dan mitigasi bencana bagi pelajar sekolah di kawasan Kelurahan Kendangsari dan Jemursari Kota Surabaya. Selanjutnya, pada 27 Oktober akan diadakan kerja bakti.

    “Selain itu, Kota Surabaya juga rutin membantu daerah-daerah lainnya. Seperti saat ada bencana kebakaran di Gunung Lawu, kami membantu selama 7 hari,” tukasnya. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan