Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaTak Berizin Karaoke BlakHole KTV Ditutup

    Tak Berizin Karaoke BlakHole KTV Ditutup

    SURABAYA (warta Transparansi.com) – Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi B DPRD Surabaya, Jum at (06-10-2023) menghasilkan Rekomendasi penutupan sementara tempat RHU Blackhole KTV yang berada di Lexmark Apartemen.

    Namun begitu, rekomendasi itu menuai protes dari kuasa hukum Blackhole KTV.

    Sudirman Sudaboge selaku kuasa hukum dari black hole mengatakan, menanggapi tadi dari sekian banyak yang diungkapkan, yang saya garis bawahi itu adalah kata penutupan sementara. Saya menggarisbawahi jangan bersikap mengampangkan, karena kita harus melihat kasus ini secara makro.

    “Satu, yang kita bicarakan ini menyangkut tentang perizinan, kedua menyangkut dengan peristiwa orang meninggal. Tapi yang menjadi fokus disini, bukan tentang orang meninggal karena itu nanti biarlah menjadi urusan kepolisian.” katanya usai RDP.

    Baca juga :  Tiga Orang Melapor Ke Bawaslu Kabupaten Pasuruan Terkait Politik Uang

    Sudirman menyesal, ada anggapan usaha karaoke itu dianggap tidak berizin, bahkan sementara kita disuruh tutup. Hal itu yang membuat kita keberatan.

    “Oleh karena itu makanya kita tanya, apakah selama ini ada yang kita langgar. Kita tidak pernah diperingatkan, kita tidak pernah diberi tau, padahal sudah sekian lama kita usaha tidak pernah ada larangan, pemberitahuan juga tidak. “ungkapnya.

    Lebih lanjut Sudirman menegaskan, kalau ada yang harus disalahkan adalah eksekutif, karena mereka menyangkut tentang perizinan. Pada saat kita membuka usaha karaoke nih, apa saja perizinan yang harus dilengkapi, itu kita lengkapi semua.

    “Karena prinsip aturan hukum, manakala ada peristiwa seperti ini lalu peraturan itu harus di evaluasi dan itu sifatnya satu, tidak boleh berlaku mundur.” katanya.

    Baca juga :  Sambut Ramadhan, Pemprov Jatim Gelar Pasar Murah Di Siwalan Kerto Surabaya

    “Aturan harus ada dulu baru kedepan, itu prinsip hukum, dan manakala diketahui ada seperti ini, janganlah kemudian tiba-tiba disuruh tutup, itu tidak boleh. “pungkasnya.

    Diwaktu yang sama Erringgo Perkasa Kordinator Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kota Surabaya mengatakan, setelah saya cek di IMB terbaru tahun 2021 tidak ada. Dan sudah ta tanyakan di DPRKPP (Cipta Karya) tidak ada.

    “Yang ada IMB 2007 bunyi toko dan kelengkapannya. Nanti kita akan panggil pemilik nya untuk segera melengkapi datanya.” Katanya.

    Jhon Tamrun anggota Komisi B menegaskan, IMB belum lengkap dan ijin peruntukannya bukan untuk RHU tapi untuk toko.

    “Karena ijinnya belum lengkap, sementara kami minta tutup dulu. “ujarnya.

    Baca juga :  Pemasangan PJU Tuntas, Kini Pemkot Garap Saluran dan Paving Usulan Warga

    Dsri hasil temuan dalam hearing tadi dinyatakan bahwa, IMB yang dimiliki Blackhole KTV sebenarnya tidak bisa dipakai untuk kegiatan usaha Rumah Hiburan Umum (RHU). Bahkan, John Thamrun menambahkan, bahwa Dinas Pelayanan Satu Atap atau DPMPTSP Kota Surabaya menyatakan, perizinan Blackhole belum lengkap.

    untuk itu upaya RHU lain juga taat dan patuh terhadap peraturan maka Ia menyarankan Blackhole KTV sementara ditutup saja sampai perizinannya dinyatakan lengkap.

    “Bukan berarti kita menghambat laju perekonomian, tapi memang IMB yang ada tersebut tidak bisa dipakai oleh Blackhole KTV sebegai izin Rumah Hiburan Umum (RHU).” Tegasnya. (*)

    Reporter : Sumardji

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan