Kamis, 20 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurJombangGubernur Jatim Salurkan 9 Bansos ke Jombang

    Gubernur Jatim Salurkan 9 Bansos ke Jombang

    JOMBANG (Wartatransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyalurkan sembilan bantuan sosial secara bersamaan di Pendopo Kabupaten Jombang pada Minggu (17/9) sore.

    Bantuan ini merupakan wujud intervensi pemerintah untuk mendongkrak daya beli masyarakat.

    Adapun bantuan yang diberikan, pertama Bantuan Kemiskinan Ekstrem yang dibagikan kepada 650 penerima. Tiap orang penerima mendapatkan Rp. 1,5 juta. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada 30 orang penerima.

    Kedua, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Buruh Pabrik Rokok Lintas Wilayah kepada 630 orang. Disalurkan secara simbolis diserahkan kepada 20 orang penerima yang masing-masingnya menerima senilai Rp. 1,5 juta per orang.

    Ketiga, Bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) untuk 104 penyandang disabilitas di Jombang. Bantuan diserahkan secara simbolis diserahkan kepada 4 orang penerima. Tiap penerima memperoleh hak bantuan sejumlah Rp. 900 ribu per tahap, ditambah alat bantu disabilitas berupa kursi roda standar untuk 1 orang penerima.

    Keempat, diserahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Plus kepada 417 penerima. Bantuan tersebut secara simbolis dibagikan kepada 50 orang lansia sejumlah Rp. 500 ribu per tahap.

    Kelima Bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) diberikan kepada 102 penerima yang secara simbolis diserahkan kepada 10 orang penerima dengan nilai Rp. 3 juta per orang, serta keenam bantuan untuk 20 orang Tagana sejumlah Rp. 750 ribu per triwulan, dan ketujuh Bantuan untuk 10 orang TKSK sejumlah Rp. 1,5 juta per triwulan.

    Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga menyerahkan bantuan zakat produktif dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jatim kepada 100 pengusaha ultra mikro. Dimana masing-masing penerima mendapatkan Rp. 500 ribu.

    Khofifah juga memberikan bantuan kepada Mbah Maslihah yang kini menginjak usia 100 tahun. Beliau hadir pada upacara HUT Kemerdekaan RI dengan membawa bendera merah putih dan tertangkap kamera. Mbah Maslihah berasal dari Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

    Penyerahan berbagai bantuan sosial ini akan terus dilakukan di berbagai daerah secara bergilir. Sebelumnya, telah ada penyaluran bantuan sosial di Kabupaten Bondowoso.

    “Kemarin kita sudah melakukan hal yang sama persis di Bondowoso, ini akan terus kita lakukan bergiliran di berbagai daerah,” katanya.

    Berdasarkan data Dinas Sosial Jatim, jumlah bantuan sosial Triwulan III Tahun 2023 secara keseluruhan sebesar Rp. 53.152.025.000. Sedangkan alokasi bantuan sosial pada Triwulan III untuk Kabupaten Jombang sebesar Rp. 2.651.662.500. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Editor : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan