Rabu, 17 April 2024
29 C
Surabaya
More
    OlahragaBeri Bonus SEA Games, Presiden Jokowi Menyarankan Berinvestasi

    Beri Bonus SEA Games, Presiden Jokowi Menyarankan Berinvestasi

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memberikan pesan khusus kepada para atlet peraih medali SEA Games 2023 Kamboja. Presiden Joko Widodo mengutarakan pesan tersebut seusai memberikan bonus kepada para atlet Indonesia yang berhasil meraih medali dalam ajang SEA Games 2023, Mei lalu.

    Adapun acara pemberian bonus SEA Games 2023 dilakukan di Halaman Istana Merdeka Jakarta pada Senin (5/6/2023) sore WIB. Ketika menyampaikan pidatonya, Presiden Joko Widodo berpesan agar para atlet bisa memanfaatkan bonus dengan sebaik-baiknya.

    Jokowi berharap, para atlet tidak menggunakan bonus untuk membeli barang-barang mewah yang tidak bermanfaat. Daripada membeli barang mewah yang tidak berharga, Presiden Jokowi menyarankan para atlet untuk berinvestasi jangka menengah dan panjang. “Saya titip pesan, bonus ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, utamanya untuk investasi jangka panjang, jangan dibelikan barang-barang mewah yang tidak bermanfaat,” kata Presiden Jokowi.

    “Kalau diberikan barang yang untuk investasi jangka menengah atau panjang, dijual itu harganya akan selalu naik,” ujar Presiden Jokowi.

    “Kalau beli mobil, beli sekarang, tahun depan dijual sudah jadi separuh (harga). Bedanya di situ, investasi dan bukan investasi,” tutur Presiden Jokowi. Menurut Presiden, investasi perlu dilakukan karena para atlet masih memiliki perjalanan panjang untuk melanjutkan karier dan meningkatkan prestasi.

    Dirinya mengakui masyarakat Indonesia sangat bangga atas perolehan medali yang diraih pada ajang SEA Games tahun ini. “Atas nama masyarakat, atas nama rakyat, atas nama bangsa, atas nama negara saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas perjuangan saudara-saudara semuanya, baik para peraih medali, para atlet, para pelatih, asisten pelatih, para pendamping, semua yang telah bekerja keras untuk mencapai itu,” ujarnya.

    Dalam ajang tersebut, kontingen Indonesia berhasil memperoleh medali sebanyak 276 medali yang terdiri atas 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu. Jokowi mengatakan, perolehan medali tersebut, khususnya medali emas, telah melampaui target yang ditentukan sebelumnya.

    Pemerintah pun memberikan bonus apresiasi dengan nilai total Rp289 miliar untuk para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyerahkan bonus apresiasi secara simbolis kepada perwakilan atlet peraih medali, yaitu:

    1. Emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Rizky Ridho, cabor sepak bola putra;
    2. Emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Henny Sutjiono, cabor bola basket putri;
    3. Emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Muhammad Alfiana, cabor hoki dalam ruangan putra;
    4. Emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Andriani, cabor kriket putri;
    5. Emas perorangan (Rp525 juta) kepada Odekta Elvina Naibaho, cabor atletik maraton;
    6. Emas perorangan (Rp525 juta) kepada Janis Rosalita Suprianto, cabor _finswimming;_
    7. Perak ganda/pasangan (Rp252 juta) kepada Ririn Rinasih, cabor pencak silat;
    8. Perak perorangan (Rp315 juta) kepada Nurul Akmal, cabor angkat beban putri;
    9. Perunggu beregu (Rp110,25 juta) kepada Agustin Gradita Retong, cabor bola basket putri; dan
    10. Perunggu ganda/pasangan (Rp126 juta) kepada Dhendy Krhistanto, cabor biliar.

    Selain itu, bonus apresiasi secara simbolis juga diserahkan kepada perwakilan pelatih peraih medali emas yaitu Indra Sjafri dari cabor sepak bola putra sebesar Rp315 juta, July Wong dari cabor bola basket putri sebesar Rp157,5 juta, dan Wirjawan Sugiharta dari cabor tenis Rp315 juta. (Samuel Ru’ung)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan