Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Surabaya
More
    SultengMahasiswa Untad Terlibat Tawuran Antar Fakultas, Pemicunya Pertandingan Futsal

    Mahasiswa Untad Terlibat Tawuran Antar Fakultas, Pemicunya Pertandingan Futsal

    PALU (Wartatranspqransi.com) – Mahasiswa Untad terlibat tawuran, Rabu 31 Mei 2023. Mereka yang saling serang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik dengan mahasiswa Fakultas Kehutanan.

    Tawuran terjadi sekira pukul 17.20 Wita, di Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako (Untad) Palu. Saat itu sekira 20 mahasiswa yang diduga dari Fakultas Tehnik mendatangi sekretariat bersama mahasiswa Fakultas Kehutanan yang kemudian dihalau oleh mahasiwa Fakultas Kehutanan.

    Namun tidak lama berselang datang lebih kurang 200 mahasiswa Fakultas Tehnik yang melakukan penyerangan dan pelemparan mengunakan batu serta kayu ke Fakultas Kehutanan.

    Akibat aksi itu, mahasiswa Fakultas Kehutanan melakukan perlawanan hingga terjadi bentrokan antar kedua kelompok mahasiswa.

    “Berdasarkan keterangan didapat pemicu terjadinya tawuran tersebut berawal dari pertandingan futsal antar mahasiswa yang dilaksanakan oleh PERMAKOTA pada 25 Mei 2023 di Stadion Gawalise Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga,” ungkap Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H. dalam keterangannya, Kamis 1 Juni 2023.

    Baca juga :  Kepala Sekolah Diduga Pukul Mata Siswa Jadi Tersangka

    Saat itu kedua suporter saling “melempar” kata-kata saat pertandingan berlangsung, hingga memancing emosi sesama suporter, sehingga suporter dari Fakultad Teknik merasa keberatan dengan kalimat yang dikeluarkan oleh suporter Fakultas Kehutanan.

    Lalu pada Jumat 26 Mei 2023, sekira pukul 14.00 Wita, bertempat di ruang kerja Rektor Universitas Tadulako telah dilakukan mediasi antara kedua kelompok masiswa dari masing-masing fakultas. Mediasi itu melahirkan kesepakatan damai.

    Namun pada rabu sore terjadi bentrokan antara dua kelompok mahasiswa itu. “Pada pukul 17.30 Wita anggota piket Polsek Palu Timur mendapatkan informasi dari Bhabinkamtibmas Kelurahan Tondo bahwa telah terjadi tawuran di Universitas Tadulako antara Fakultas Kehutanan dengan Fakultas Teknik kemudian patroli timur 101 bersama Bhabinkamtibmas dan di-back up oleh Raimas Polresta Palu yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Palu Timur AKP Stefanus Sanam tiba di Tkp dan langsung membubarkan dan mengimbau kumpulan mahasiswa yang masih berada di dalam fakultas agar kembali ke rumah masing-masing,” jelas Barliansyah.

    Baca juga :  Perang Baliho, Dari Gaya Gemoy Hingga Naruto Jelang Pilkada 2024

    Kapolresta Palu bersama Warek III Bidang Kemahasiswaan Untad Dr. Ir. Sagaf, MP. M.Si dan Kabag Ops Polresta Palu Kompol Rommy didampingi Kapolsek Palu Timur AKP Stefanus Sanam melakukan penyisiran dan imbauan kepada kumpulan mahasiswa di Fakultas Tehnik dan Fakultas Kehutanan Untad.

    “Pihak Polresta Palu akan melakukan proses penyidikan dan penyelidikan terkait permasalahan ini,” katanya

    Ia juga mengimbau agar tidak ada aktifitas saat malam hari di kampus usai bentrokan mahasiswa.

    Selain itu, Polresta Palu juga meniadakan izin kegiatan olahraga yang diselengarakan oleh pihak mahasiswa dan organisasi kampus.

    Sementara Warek III Bid Kemahasiswaan Untad Sagaf dan Wakil Dekan Bidang Kemahsiswaan Fakultas Kehutanan Naharuddiin menyebut pihak kampus akan memberikan sanksi ringan, berat dan sanksi akademik serta sanksi hukum bagi para pelaku yang melakukan tindakan perusakan maupun melanggar hukum. (Rahmat Nur)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan