Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    SultengViral Hoax Tawuran Warga di Kota Palu, Kapolresta Perintahkan Usut Biangnya

    Viral Hoax Tawuran Warga di Kota Palu, Kapolresta Perintahkan Usut Biangnya

    PALU (Wartatransparansi.com) – Buntut viralnya berita hoax yang meresahkan masyarakat Kota Palu dan disebar secara berantai melalui pesan wahtsapp, Sabtu malam (27/5/2023), direspon langsung Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, SIK MH.

    Dalam keterangannya Kombes Pol. Barliansyah, langsung memerintahkan Kabagops Polresta Palu Kompol Romy Gafur, bersama Kapolsek Palu Selatan, AKP Velly mengambil tindakan tegas dan cepat mengusut dan menggelar pertemuan bersama dengan tokoh agama, pemuda, masyarakat dari kedua wilayah.

    “Dari hari sabtu siang kemarin, kabagops dan Kapolsek Palu selatan sudah cek. Dan kami sudah ada pertemuan kedua tokoh dari kedua wilayah tersebut, juga dihadiri oleh lurah anoa dan lurah nunu ” kata Barliansyah. Minggu (28/5/2023).

    Menurut Barliansyah, hasil pertemuan kedua belah pihak sepakat menjaga keamanan wilayah masing – masing. “ Jangan mudah percaya terhadap berita Hoax yang ingin kota palu tidak aman.” Tegas Kombes Pol Barliansyah.
    Sementara itu, Kabag Ops Polresta Palu Kompol Romy, S Gafur SH MH yang dihubungi secara terpisah, membenarkan apa yang disampaikan Kapolresta Palu

    “ Ya pesan berantai yang disebarkan orang yang tidak bertanggung jawab melalui wahtsapp itu hoax, saya selaku Kabag Ops Polresta Palu diperintahkan Kapolresta Palu, turun langsung melakukan patroli bersama yang juga melibatkan TNI, satpol PP dan pihak Kelurahan, tokoh masyarakat, satgas pancasila, di lokasi tersebut, “ kata Kabag Ops Polresta Palu Kompol Romy, S Gafur SH MH. Minggu (28/5/2023).

    Hal yang sama disampiakan Kapolsek Palu Selatan AKP Velly mengungkapkan, Patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan atau KRYD, Ini bertujuan untuk menjaga stuasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta mencegah dan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan. Salah satunya, mengantisipasi isu berita hoax akan terjadinya tawuran besar di seputaran jembatan Lalove.

    “ Kegiatan UKL regu III Polsek Palu Selatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang di tingkatkan (KRYD),yang mana kegiatannya di laksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Palu Selatan. “ Jelas AKP Velly.
    Selain itu Kata Velly, kegiatan patroli KRYD sasarannya berupa pusat keramaian dan kerumunan masyarakat, dengan mengoptimalkan himbauan Kamtibmas.

    Kemudian, melaksanakan pengamanan stasioner di seputaran jembatan Lalove untuk mengantisipasi isu akan adanya penyerangan atau tawuran antar pemuda di Jalan Lalove

    “ Di seputaran Jalan Lalove tidak di temukan adanya tanda-tanda kumpulan pemuda dari Jalan Anoa I baik dari kelurahan Nunu dan secara umum di wilayah hukum Polsek Palu Selatan dalam keadaan aman dan kondusif. “ ungkap AKP Velly.

    Terpisah, Polda Sulawesi Tengah melalui Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono mengatakan, masyarakat hendaknya lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

    “ Harus bijak dalam membuat dan melihat informasi yang mungkin menyesatkan atau informasi yang tidak benar, alias hoax, terlebih pesan berantai tersebu dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. “ jelas Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono melalui Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng. (Rahmat Nur)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan