Kamis, 20 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurGresikSeleksi Tahap ll Dimulai, Soebagyo SW: Jangan Ada Peserta Titipan  

    Seleksi Tahap ll Dimulai, Soebagyo SW: Jangan Ada Peserta Titipan  

    GRESIK (Wartatransparansi.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur mulai menyiapkan tim Jumbara (Jumpa Bhakti Gembira) yang akan diterjunkan dalam Jumbara PMR (Palang Merah Remaja) tingkat Nasional bulan Juli tahun 2023 di Lampung. Saat ini seleksi tahap dua tengah berlangsung balai Diklat PMI Jawa Timur di Gresik.

    Seleksi tahap ll untuk tingkat Wira (SMA Sederajat) dimulai Selasa hingga Jumat depan. Dibuka Wakil Ketua PMI Jawa Timur Soebagyo SW ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta Firmansyah dari Banyuwangi dan Dita utusan dari Kabupaten Sidoarjo.

    Soebagyo SW dalam amanatnya wanti wanti agar 30 peserta tingkat Wira ini mengikuti seleksi dengan sungguh dan mengikuti petunjuk dari tim penilai. Tentu seleksi ini akan sangat ketat mengingat kesertaan Jawa Timur di Jumbara PMR tingkat nasional mengandung target mempertahankan tiga besar, syukur bisa juara nasional.

    Juga sebaliknya kepada tim penilai agar menghindari adanya peserta lolos titipan. Sebab itu tim penilai hendaknya memegang teguh kreteria penilaian. Ungkap Soebagyo, saat membuka seleksi tahap ll di Gresik, Selasa (2/5/2023).

    Didampingi Kepala Markas PMI Jawa Timur Drs. Dwi Suyanto, Soebagyo SW menjelaskan, bahwa PMI Jawa Timur selalu menempati tiga besar. Untuk Jumbara PMR nasional di Lampung, Jawa Timur  harus kerja keras mempertahankan syukur bisa juara, ujar Seobagyo kembali menegaskan.

    Untuk mencapai predikat itu maka pembentukan karakter, disiplin, kecerdasan, individu, kekompakan dan komunikasi menjadi prasarat utama.

    Lebih lanjut dijelaskan bahwa peserta seleksi saat ini bukanlah nol pengalaman. Artinya mereka ini sudah melalui seleksi tingkat kabupaten/kota. Ada 800 peserta se Jawa Timur yang mengikuti seleksi untuk semua tingkatan. Untuk tingkat Wira atau SMA sederajat tercatat 360 peserta. Setelah diseleksi lolos 30 peserta dan dari jumlah ini akan diperas lagi hingga 15 peserta saja.

    Setelah seleksi tingkat Wira, akan disusul seleksi tingkat Madya (SMP sederajat). Lalu tingkat pemula atau SD sederajat.

    Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI. Tujuannya, untuk memperkuat solidaritas antar anggota PMR Wira, Madya maupun Mula. (amin)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan