Selasa, 16 April 2024
29 C
Surabaya
More
    OlahragaLaga Perdana SEA Games 2023, Marsel Anggap Filipina Lawan Berat

    Laga Perdana SEA Games 2023, Marsel Anggap Filipina Lawan Berat

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Marselino Ferdinan dkk akan bersaing dengan tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina dan Timor Leste untuk memperebutkan tiket semifinal. Tim besutan Indra Sjafri akan mengawali perjuangan melawan Filipina pada Sabtu (29/4/2023). Menurut rencana, duel berlangsung di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, pukul 16.00 WIB.  Gelandang timnas U22 Indonesia, Marselino Ferdinan menilai Filipina merupakan lawan berat yang akan dihadapi dalam penyisihan grup SEA Games 2023. Dia berharap Garuda Muda bisa menang demi memuluskan langkah menuju semifinal. Indonesia tergabung di Grup A pada cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023.

    Melihat peta kekuatan para pesaingnya di grup tersebut, Timnas U22 memiliki kans sangat besar menempati posisi dua besar. Ini merupakan syarat untuk maju ke semifinal. Meski demikian, Marselino Ferdinan mengatakan bahwa mereka mesti waspada. Apalagi duel melawan Filipina merupakan pertandingan pertama. “Filipina tidak bisa dianggap remeh juga meskipun sebagian besar mereka adalah (wajah) baru. Apalagi pertandingan pertama adalah laga penting untuk selanjutnya,” ujar Marselino Ferdinan dikutip dari laman PSSI.

    Pemain klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, ini pun mengungkapkan persiapan mereka selama berada di Kamboja. Mereka sudah menjalani proses adaptasi sehingga siap tempur. “Soal adaptasi, pertama dengan cuaca panas sangat menyengat di Kamboja. Bagi saya sih lumayan dan harus cepat adaptasi dengan baik. Tapi kalau saya lebih memilih adaptasi ke panas daripada adaptasi ke dingin,” ujar Marselino.

    “Badan saya oke 100 persen, tapi untuk (fisik) mungkin masih jetlag dalam artian sering (mudah) capek itu masih ada. Kondisi teman-teman saya lihat baik, lancar, dan kita siap lawan Filipina dalam laga pertama.”

    Tim U-22 Indonesia menggelar latihan perdana di lapangan jelang laga perdana Grup A cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023 kontra Filipina, Jumat (29/4). Latihan perdana ini berlangsung di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Rabu (26/4) sore waktu setempat.

    Pelatih Indra Sjafri mengatakan latihan berdurasi sekira dua jam itu berjalan baik dan lancar. Indra juga bersyukur karena lapangan tempat tim asuhannya berlatih sangat representatif dan kualitasnya cukup baik. “Alhamdulillah setelah kemarin kita recovery dengan dua sesi latihan di hotel, hari ini kita perdana latihan di lapangan. Alhamdulillah kita dapat fasilitas tiga lapangan yang bisa kita pakai untuk persiapan kita di pertandingan pertama lawan Filipina,” kata Indra Sjafri.

    Pelatih yang juga pernah menangani tim U-19 Indonesia tersebut mengapresiasi kepada PSSI beserta pihak-pihak lain seperti Komite Olimpiade Indonesia atau NOC Indonesia, tim Chef de Mission (CdM) dan Panitia Lokal SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) yang sudah memberikan fasilitas latihan yang sangat representatif.

    Indra menjelaskan bahwa hari ini skuad Garuda Nusantara sudah siap melawan Filipina. Apalagi laga perdana tentu penting bagi Rizky Ridho dan kawan-kawan. Usai melawan Filipina, Timnas U22 secara berturut-turut akan bertemu Myanmar (4/5), Timor Leste (7/5) dan Kamboja (10/5). Semua laga ini pun berlangsung di Stadion Nasional. Dua tim teratas Grup A akan lolos ke semifinal. Mereka akan bertemu dua tim teratas Grup B yang dihuni sang juara bertahan, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura dan Laos. (sr)

     

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan