Kamis, 13 Juni 2024
31 C
Surabaya
More
    SultengKepedulian Polres Palu

    Kepedulian Polres Palu

    PALU (Wartatransparansi.con) – ‘Bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri’, kalimat pendek atau ungkapan khas yang menarik dan mudah diingat dan dapat kita lihat tertulis di Spanduk bentuk kepedulian Polresta Palu.

    Bukan hanya slogan, tapi tindakan nyata yang telah dilakukan Kapolresta Palu dan jajaranya dalam memberikan kepeduliannya terhadap masyarakat Kota Palu, yang notabenenya atau sebagai perhatian dan catatan tambahan bahwa kita harus cucur pentingnya sikap saling membantu demi kemanusiaan.

    Bayangkan saja, dari data Jumlah Penduduk Miskin (Ribu Jiwa), 2020-2022, seperti yang dirilis sulteng.bps.go.id menyebutkan untuk Kota Palu jumlah penduduk miskin di tahun 2021 sebanyak 28,6 ribu jiwa atau 7,17 persen dan di tahun 2022 menjadi 26,75 ribu jiwa atau 6,63 persen, ini berarti terjadi penurunan penduduk miskin.

    Baca juga :  Asta Siap Acuan Polda Sulteng dalam Pengamanan Pilkada 2024

    Pertanyaannya untuk tahun 2023 bagaimana? Tentunya, sebagai manusia yang memiliki naluri kemanusiaan yang berakal akan berfikir cepat bahwa dibutuhkan solusi jitu untuk penanganan kemiskinan itu atau paling tidak masyarakat miskin dapat terbantu diringkankan bebannya dengan satu pola atau kegiatan kemanusiaan yang benar dirasakan dampaknya dan mengenai sasaran, yaitu masyarakat miskin atau warga kurang mampu.

    Coba kita lihat dampak kemiskinan seperti dikutip situs katadata.co.id menjelaskan, kemiskinan bisa menimbulkan hal seperti berikut: Meningkatnya angka pengangguran. Banyaknya kasus putus sekolah. Muncul berbagai masalah kesehatan di masyarakat.Menurunnya kualitas generasi penerus. Muncul tindakan kriminalitas.

    Dari penjelasaan data diatas maka sudah sangat jelas bahwa penanganan kemiskinan haruslah melibatkan semua stakeholder atau semua pihak baik itu individu, komunitas atau kelompok instasni, masyarakat yang memiliki kepeduliaan dan kepekaan akan dampak buruk dari kemiskinan itu.

    Baca juga :  Antisipasi Kejahatan, Polsek Palu Barat Lakukan KRYD

    Karena itu, tidak dapat pungkiri sebuah aksi mulia yang telah dilakukan Kapolresta Palu bersama jajaranya dan sekaligus sebagai contoh bagi kita bahwa manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

    Jujur saja, bagi mereka warga kurang mampu secara ekonomi, bantuan sembako yang diberikan Polresta Palu , sangat berarti bagi mereka. Terlebih lagi, di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, bantuan itu sangat sangat berguna.
    Menariknya lagi, Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah bersama jajaranya, selain memberikan paket sembako kepada masyarakat juga melakukan pemantauan wilayah, untuk menjaga situasi Kamtibmas kondusif selama bulan Ramadhan sekaligus bersilaturahmi dan bertegur sapa dengan warga, sangat mulia bukan.

    Baca juga :  Jelang Pilkada 2024 Kenali dan Hindari Sifat Toxic, Berikut Ciri-Cirinya

    “Kami membagikan bansos kali ini langsung kepada masyarakat yang kita temui di jalan, kami berharap bansos ini dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat,” terang Kombes Pol. Barliansyah usai memberikan bansos, Rabu (29/3/2023).

    Dikesempatan itu Kombes Pol Barliansyah mengungkapak pihaknya membagikan 100 paket sembako kepada pemulung, tukang ojek online dan pengayuh becak yang ditemui di Taman Gor Palu, Jalan Sotomo ojek online, Jalan Kijang dan TPS Kelurahan Kawatuna Palu.

    Bahkan Kapolresta Palu Barliansyah menyebut, pembagian bansos akan terus dilakukan oleh Polresta Palu maupun Polsek jajaran sepanjang bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan sebagai upaya menebar kebaikan di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

    “Kami berharap, yang kami lakukan ini bisa memotivasi pihak lain untuk saling peduli terhadap sesama,” pungkasnya. (RN)

    Reporter : Rahmad Nur

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan