Senin, 6 Februari 2023
26 C
Surabaya
More
    EkbisPemerintah Akselerasi Penyelesaian 27 Proyek Strategis Nasional di DKI Jakarta

    Pemerintah Akselerasi Penyelesaian 27 Proyek Strategis Nasional di DKI Jakarta

    JAKARTA (Wartatransparansi.com) – Pemerintah terus mendorong penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) termasuk yang berlokasi di wilayah DKI Jakarta.

    Dalam Rapat Koordinasi Menteri terkait Percepatan Infrastruktur PSN di Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi per Januari 2023, terdapat 27 PSN di wilayah DKI Jakarta dengan estimasi nilai investasi sebesar Rp313 triliun.

    “Dari 27 Proyek tersebut, 3 PSN telah beroperasi, 4 PSN berstatus beroperasi sebagian, 6 PSN dalam masa konstruksi, dan 14 PSN telah masuk ke dalam tahap penyiapan dan transaksi,” ungkap Menko Airlangga di Jakarta.

    Sejalan dengan status PSN tersebut, para pemangku kepentingan diminta untuk komitmen agar ke 14  proyek yang masih dalam tahap penyiapan dan transaksi dipastikan telah masuk minimal tahap konstruksi pada semester I tahun 2024.

    Baca juga :  Pemprov Jatim Gandeng Dirjen Pajak Optimalisasi Pertukaran dan Pemanfaatan Data Informasi Perpajakan

    Selain itu, Menko Airlangga juga menekankan pentingnya penyelesaian proyek terkait dengan manfaat yang luas bagi masyarakat dan perekonomian di wilayah Jakarta dan sekitarnya, terutama terhadap 9 Cluster proyek senilai Rp256 triliun yakni MRT North South Line Fase 2, MRT East West, LRT Velodrome – Manggarai, Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik, Sistem Pengolahan Air Minum Regional Jatiluhur I, 6 ruas jalan tol DKI, Jalan tol Akses New Priok Eastern Access (NPEA), Jakarta Sewerage System, dan Tanggul Pantai.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada kesempatan tersebut juga menekankan pentingnya penyelesaian PSN sektor transportasi di DKI Jakarta, mengingat meningkatnya isu kemacetan di wilayah DKI Jakarta. Sementara itu, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan komitmen untuk melaksanakan PSN di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan kewenangannya, baik dari sisi pembiayaan, perizinan maupun penetapan lokasi.

    Baca juga :  Realisasi Investasi Smelter Gresik Capai 1,6 miliar dolar AS

    Sesuai dengan arahan Menko Airlangga, pimpinan Kementerian/Lembaga telah berkomitmen untuk mengakselerasi proyek atau program yang telah diamanatkan dalam  Peraturan Menteri Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Stategis Nasional.

    Di akhir rapat, Menko Airlangga mengingatkan terkait pentingnya komitmen para pemangku kepentingan terutama Menteri Perhubungan dan Pj. Gubernur DKI Jakarta dalam memenuhi readiness criteria dan kesiapan proyek untuk dapat dilaksanakan oleh para penanggungjawab PSN.

    Turut hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Kementerian Keuangan, perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, perwakilan dari Bappenas, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta. (*)

    Reporter : Syarifuddin

    Sumber : WarrtaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan