Senin, 22 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    SultengAngka Perceraian Di Donggala Menurun

    Angka Perceraian Di Donggala Menurun

    DONGGALA (Wartatransparansi.com) –Donggala- berdasarkan data dari Pengadilan Agama Donggala Kelas I B, angka perceraian pada tahun 2021 hingga akhir 2022 dan memasuki tahun 2023, mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

    “ Untuk perkara tahun 2021, jumlah terima gugatan sebanyak 548. Putusan gugatan 533. Sisa gugatan 15. Sementara ditahun 2022, terima gugatan sebanyak 491. Putusan gugatan 485. Sisa gugatan 6.“ Kata Bulgis, S.Ag, Panitra Muda (Panmud) Hukum Kantor Pengadilan Agama Donggala Kelas I B. Selasa, (03/01/2023), dikantornya.

    Turunya angka perceraian itu, disebabkan beberapa faktor. Diantaranya mediasi yang dilakukan hakim mediator. “Mediasi yang dilakukan oleh hakim mediator ke penggugat atau pemohon sehingga suami istri itu bisa kembali rukun dan perkaranya dicabut.” Ungkap Bulgis.

    Baca juga :  Polda Sulteng Amankan Sabu 1 Kg di Salah Satu Perusahaan Ekspedisi

    Kemudian, adanya sosialisasi yang dilakukan pihak pengadilan agama juga salah satu faktor yang mempengaruhi. Dan faktor persyaratan penggugat yang tidak memenuhi, sehingga tertolak.

    “Ada sosialisasi saat turun sidang diluar gedung. Misalnya, kekecamatan. Saat itu, ketua atau panitra memberikan pengarahan dan berhasil me rujukan pihak yang akan bercerai..”jelasnya.

    Adapun sejumlah penyebab dari perceraian. Yakni faktor perselisihan dan pertengkaran, ekonomi, meninggalkan salah satu pasangan, suami atau istri. KDRT, mabuk, dihukum penjara, judi, poligami, zina. (*)

    Reporter : Rahmat Nur

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan