Kamis, 18 April 2024
31 C
Surabaya
More
    NasionalPemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta Ungkap Kerusuhan Kanjuruhan

    Pemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta Ungkap Kerusuhan Kanjuruhan

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengungkap peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Tim tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

    “Untuk mengungkap kasus atau peristiwa Kanjuruhan yang terjadi tanggal 1 Oktober 2022, maka pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta atau TGIPF yang akan dipimpin langsung Menko Polhukam,” kata Mahfud saat jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

    Mahfud mengatakan, anggota TGIPF akan ditetapkan 24 jam ke depan. Tim itu terdiri dari perwakilan kementerian terkait, organisasi sepak bola, akademisi, hingga media.

    “Yang keanggotaannya akan ditetapkan paling lama 24 jam ke depan yang nantinya terdiri dari pejabat atau perwakilan kementerian terkait atau organisasi profesi olahraga sepak bola, pengamat, akademisi, dan media massa,” ucapnya.

    Baca juga :  Pemerintah Siapkan Berbagai Skenario Mitigasi Hadapi Gejolak Geopolitik Kawasan Timur Tengah

    Mahfud menyebut, pemerintah berupaya mengungkap secepatnya insiden yang menewaskan 125 orang di stadion Kanjuruhan itu. Targetnya, hasil investigasi selesai beberapa pekan ke depan. “Nanti akan diumumkan secepatnya itu yang tugasnya kira-kira akan diselesaikan, diupayakan selesai dalam dua atau tiga minggu ke depan,” kata Mahfud.

    Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan terjadi pada Sabtu (1/10) usai laga Arema FC vs Persebaya. Peristiwa ini menimbulkan ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka.

    Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara kompetisi liga 1 hingga evaluasi dan perbaikan prosedur dilakukan. (sr)

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan