Senin, 8 Agustus 2022
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSamar dan Zapin Begitu Dahsyat Menghipnotis

    Samar dan Zapin Begitu Dahsyat Menghipnotis

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Tarian khas Arabia (Samar) dan Zapin bergema begitu dahsyat. Bahkan mampu menghipnotis suasana, menjadikan bak gedung musik Arabia. Semua menari. Tak terkecuali yang duduk pun larut mengikuti irama dan bergoyang.

    Gambus dengan Samar dan Zapin tampil apik mengiringi pernikahan Aiman Muhammad bin Amerr dengan Hafaza Faisol Hidunean, pada Minggu (17/7/2022) di Bangil pada Sabtu (23/7/2022) dan Abdullah Zen Zubaidi dengan Sabrina Emil Djawas (Minggu, di Jakarta, tanggal 17/7/2022, berlangsung meriah luar biasa.

    Semua generasi dari yang muda, tua, dan anak-anak ikut bergoyang serta menari dengan begitu serempak, indah mempesona, melantai dengan gerakan kaki, tangan, dada, dan kepala mampu “menghipnotis” suasana ikut menyatu dalam Samar dan Zapin dalam iringan gambus dengan lagu-lagu hit.

    Baca juga :  Kelurahan Karangpilang Wakil Surabaya dalam BBGRM Tingkat Jatim

    Samar dan Zapin Begitu Dahsyat Menghipnotis

    Seperti diketahui Zapin merupakan salah satu dari tari tradisional Arabia.
    Tarian ini sangat terkenal di kawasan masyarakat keturunan Arabia dan Melayu, tidak hanya di Indonesia tapi juga negara-negara tetangga yang mempunyai keturunan Arab populasi Melayu. Bahkan kawasan Timur Tengah asal tarian ini, juga kawasan Afrika.

    Tari Zapin memiliki banyak sekali ciri khusus, mulai dari gerakan, cara bersuasana khas, sampai adab dan sikap saat menari. Tetapi semua dalam suasana mengikuti lantunan musik gambus dengan berbagai lagu khas.

    Berbeda dengan Samar, sebuah nama tarian khas tradisional Arabia yang sudah dikreatifkan dengan berbagai perkembangan dari Zapin.

    Djamal Abdul Aziz, politikus dari Ampel Surabaya, mengatakan tari sama ada beberapa macam, yaitu ; Sara (orang banyak dalam bentuk menari dua-dua atau empat-empat).

    Baca juga :  SWK Ketintang Dilaunching 17 Agustus

    “Dehevek (orang banyak seperti massal dengan tarian tetap khas) dan Tahtho (dengan pasangan dua orang),” kata Djamal, Minggu (24/7/2022) malam.

    Samar dan Zapin Begitu Dahsyat Menghipnotis

    Djamal bersama dengan Rokhim dari Palu dan beberapa penari samar dan Zapin, ikut bergembira ria dalam suasana sangat syahdu. Juga meliuk-liuk dan yang duduk ikut bergoyang dalam suasana kekeluargaan begitu nyaman dan hikmat.

    Ketika musik gambus kembali menyuarakan sinar gitar dari gitar gambus, semua teriak dan bertepuk tangan serta tiba-tiba terdiam dalam suasana menikmati.

    Setelah lagu-lagu populer dan hit dilantunkan kembali, seperti “terhipnotis” terpanggil tanpa komando penari samar dan Zapin bergantian bergoyang khas dan memberikan warna begitu bermarwah sebagai musik dan tarian khas Arabia. Suasana memeriahkan pengantin seperti pertunjukkan atau konser berlangsung begitu menakjubkan.

    Baca juga :  Produser Film ‘Karena Cinta Bukan Bayangan’ Pilih Surabaya sebagai Lokasi Syuting

    Gambus, Samar dan Zapin dalam sebuah konser begitu menakjubkan dan dahsyat, begitu nyaman dan tenteram di hati, begitu menghipnotis seperti konser besar. Apalagi suasana semakin meriah dan tetap syariah karena semua yang hadir hanya para pria.

    Inilah Konser Arabia dalam Gambus, Samar dan Zapin benar-benar dahsyat dan menghipnotis. Semua bergoyang, semua turut senang, semua nyaman, semua terseret dalam alunan musik gambus dan Samar juga Zapin. Dahsyat memang. (*)

    Reporter : Djoko Tetuko

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan