Selasa, 9 Agustus 2022
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaGubernur Terima Laporan Walikota Eri Cahyadi Soal Piala Dunia U-20 & AFC

    Gubernur Terima Laporan Walikota Eri Cahyadi Soal Piala Dunia U-20 & AFC

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) –Gubernur JawaTimur Khofifah Indar Parawansa bertemu Walikota Surabaya Eri Cahyadi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (18/7/2022) malam.

    “Pak Walikota melaporkan rencana pelaksanaan piala dunia yang akan di gelar pada Mei 2023. Namun sebelum itu akan ada piala AFC yang di laksanakan pada September 2022. Jadi waktunya agak mepet,” tutur Khofifah kepada wartawan.

    Gubernur Khofifah mengatakan, pihaknya selalu siap bersinergi dengan Pemkot Surabaya guna mensukseskan Piala Dunia U-20 Mei 2023 mendatang.

    “Prinsip FIFA harus bisa dijalankan, beberapa catatan pada saat mereka ke sini. Kita sudah bahas bersama Menpora, Kementerian PUPR, dan Kementerian BUMN, kaitannya Pelindo. Kita sudah mencoba cari solusi terbaik,” kata Khofifah.

    Baca juga :  Pemkot Gandeng dan Libatkan Tomas untuk Cegah Kekerasan dan Pelecehan Anak di Surabaya

    Hal yang menjadi catatan, pasti kita bersama Pak Wali Kota yang punya daerah, kita provinsi dan Kemenpora akan menjadi satu kesatuan sebagai tuan rumah itu, ikhtiar kita bersama.

    Menurut Khofifah, saat ini Pemprov bersama Kemenpora juga mencari stadion penunjang untuk latihan negara peserta Piala Dunia U-20 di Indonesia.

    “Jadi, ada beberapa stadion penunjang untuk latihan mereka. Dan, ternyata September ada AFC juga di sini (Surabaya). Jadi, semua bersiap untuk tuan rumah terbaik. Ada titik penunjang di Deltras (Stadion Gelora Delta), Lamongan (Stadion Surajaya), Bangkalan (Stadion Gelora Bangkalan),” kata Khofifah.

    Sementara itu Walikota Eri Cahyadi mengatakan, saya sowan Bu Gubernur untuk melaporkan persiapan Piala Dunia, yang Insya Allah dilaksanakan di bulan Mei tahun 2023. Kemenpora kemarin juga telepon untuk kemungkinan akan pelaksanaan AFC di bulan September besok,” kata Eri.

    Baca juga :  Ketua PKK Roadshow BIAN, Pastikan Imunisasi Lancar

    “Pemerintah Kota Surabaya ini kan juga tidak bisa lepas dari Pemerintah Provinsi, wong anake provinsi. Kami minta mohon arahan ke beliaunya, bagaimana percepatan-percepatan, bagaimana agar sinkronisasi, sehingga Insya Allah Piala AFC bisa dilakukan September 2022, dan Piala Dunia U-20 bulan Mei 2023 bisa berjalan lancar,” imbuhnya.

    Eri juga menyatakan, Menpora sudah melihat langsung kondisi Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya saat ini. Pihaknya akan melengkapi apa saja kekurangan sesuai standar regulasi AFC yang digelar September besok.

    “Karena AFC besok September, ada standar, kita siapkan lainnya agar standarnya sudah internasional. Bu Khofifah ini pecinta sepakbola, tahu Stadion Old Trafford seperti apa, karena standar untuk pelaksanaan Piala Dunia itu dari FIFA-AFC itu seperti apa. Kemarin sudah ketemu menteri, kami juga minta Bu Gubernur melihat GBT bagaimana apa yang ditambahkan, dan perlu disempurnakan, agar sesuai standar,” jelasnya. (*)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan