Jumat, 12 Agustus 2022
25.7 C
Surabaya
More
    AdvertorialDies Natalis, Mahasiswa Universitas dr Soebandi Sumbang 27 Kantong Darah

    Dies Natalis, Mahasiswa Universitas dr Soebandi Sumbang 27 Kantong Darah

    JEMBER (Wartatransparansi.com) – Semangat kerelawanan untuk donor darah terus ditumbuhkan di kampus-kampus di Kabupaten Jember. Salah satunya dilakukan KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi yang sedang merayakan Dies Natalisnya. KSR PMI Unit dr Soebandi bersama Unit Donor Darah (UDD) PMI mengadakan kegiatan donor darah sukarela Senin, 27 Juni 2022.

    Hasilnya, KSR Unit PMI dr Soebandi menyumbangkan 27 kantong darah ke PMI Kabupaten Jember. Rinciannya, golongan darah (Golda) A : 4, Golda B : 9, Golda AB : 3, Golda O : 11. Total pendonor : 57. “Sayangnya ada 30 relawan pendonor yang tidak lolos uji screening,” ungkap Firdaus Amalia Ilmi, ketua KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi.

    Menurut dia, banyak relawan pendonor yang tidak lolos uji screening karena tensinya terlalu tinggi atau rendah. HB-nya terlalu tinggai atau terlalu rendah. Ada juga karena berat badan yang tidak memenuhi standar untuk donor darah,” ujarnya.

    Baca juga :  Warga Silo Jember Syukuran Miliki Jalan Desa Mulus

    Sumbangan 27 kantong darah itu untuk menambah stok darah di UDD PMI Kabupaten Jember. Jika ada pasien yang sewaktu-waktu membutuhkan darah untuk transfusi darah stok masih ada di ruang penyimpan di UDD PMI Kabupaten Jember.

    “Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Dies Natalis Universitas dr. Soebandi. Relawan pendonor kebanyakan dari mahasiswa, sebagian karyawan,” kata Firdausi Amalia Ilmi, ketua KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi.

    Menurut dia, kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Dies Natalis Universitas dr. Soebandi. “Selain itu kegiatan donor ini juga merupakan wujud Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) dari anggota KSR PMI Unit dr. Soebandi yang telah melaksanakan DIKSAR KSR PMI sejak 17 Maret 2022 lalu,” imbuhnya.

    Baca juga :  PMI Lakukan Foging, DB Kembali Menyerang Masyarakat Jember

    Ketua PMI kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengucapkan banyak terima kasih kepada para relawan yang ikut donor darah yang diselenggarakan KSR PMI Unit dr Soebandi. “’Tentu kami ucapkan banyak terima kasih, tidak hanya sumbangan darahnya saja tetapi juga giat sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran donor darah di kampus-kampus, dalam hal ini di Universitas dr Soebandi,” ujarnya. (*)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan