Senin, 8 Agustus 2022
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriJelang Lebaran 2022, Arus Mudik di Mengkreng-Kediri Masih lancar

    Jelang Lebaran 2022, Arus Mudik di Mengkreng-Kediri Masih lancar

    KEDIRI (WartaTransparansi.com)  – Kepolisian Resor Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan arus mudik di simpang mengkreng Kabupaten Kediri yang merupakan jalur antar provinsi mendekati Hari Raya Idul Fitri 2022 masih relatif lancar.

    “Untuk situasi saat ini masih landai. Belum ada peningkatan,” ucap Kasat Lantas Polres Kediri AKP Firdaus Canggih Pamungkas, Senin (25/4/2022).

    Ia mengatakan, untuk memantau arus lalu lintas mudik lebaran 2022, pihaknya juga memantau melalui Command Center yang berada di Mapolres Kediri.

    Command Center tersebut merupakan bagian dari Operasi Ketupat 2022, yang merupakan salah satu wujud kesiapan Polri dalam mengamankan arus mudik Lebaran 2022.

    “Ada anggota yang standby langsung di Command Center di Polres Kediri untuk memantau arus lalu lintas,”imbuhnya.

    Baca juga :  KAI Sebar 7.000 Tiket Kereta Promo Kemerdekaan, Termurah Rp 17 Ribu

    Diungkapkan AKP Canggih, meskipun begitu, ia memastikan petugas gabungan sudah dikerahkan secara langsung ke untuk melakukan pengaturan lalu lintas di titik-titik yang mengalami kemacetan ataupun kepadatan.

    “Anggota gabungan yang terlibat pos pengamanan telah ter-plotting dan mengatur kelancaran arus,”paparnya.

    Lebih lanjut AKP Canggih, menambahkan, untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas, pihaknya telah mendirikan enam Pospam di wilayah Kabupaten Kediri. Pospam itu berada di Simpang Tiga Mengkreng, Papar, Plemahan, Simpang Lima Gumul, dan Badas.

    “Kami berusaha untuk mewujudkan mudik yang aman dan sehat pada tahun ini bagi masyarakat. Dalam rangka menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalur mudik,”ungkapnya.

    Untuk diketahui, diperkirakan arus mudik akan mengalami kenaikan, hal itu dikarenakan pelonggaran mudik oleh pemerintah pusat pada hari Raya Idul Fitri tahun ini diperbolehkan.

    Baca juga :  Pameran Keris di Kota Kediri Edukasi Masyarakat Dalam Pelestarian Budaya

    Sebagai upaya antisipasi, Satuan Lalu Lintas Polres Kediri, Jawa Timur, akan menyiapkan beberapa rencana untuk menjamin kelancaran jalur lalu lintas saat mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

    Fokus utama adalah di simpang tiga Mengkreng, Kecamatan Purwoasri, yang menjadi titik pertemuan arus lalu lintas dari tiga kabupaten, yakni Kabupaten Kediri, Nganjuk, serta Jombang.

    Adapun jalur alternatif jika volume kendaraan mulai meningkat di Mengkreng yakni:

    Pertama, dari arah Kediri menuju Surabaya dialihkan di simpang empat Papar ke timur hingga simpang empat Bogo-Plemahan. Lalu ke kiri menuju Kunjang Jati Pelem Jombang.

    Kedua, dari arah Kediri menuju Surabaya dialihkan ke simpang empat Papar ke timur menuju simpang empat Bogo-Plemahan lurus ke arah Pare menuju Badas arah Surabaya.

    Baca juga :  Tabrak Truk Parkir, Mahasiswa Kediri Nyungsep Lalu Meninggal 

    Ketiga, dari arah Kediri menuju Nganjuk maupun Jombang dialihkan ke simpang empat Papar ke barat menuju jembatan Keludan lalu simpang tiga Prambon ke kanan menuju Pasar Baron ke arah Nganjuk maupun Madiun.

    Selain itu, Polres Kediri mendirikan Pos Pengamanan (Pos Pam) pada 6 titik tersebar di wilayah Kediri, meliputi Pos Papar, Simpang Lima Gumul (SLG), Plemahan, Terminal Pare, Kandangan dan Pos Pam Tiga Mengkreng, Kecamatan Purwoasri. (abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan