Kamis, 18 April 2024
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPuan dan Eri Pantau Harga Sembako di Pasar Tambahrejo

    Puan dan Eri Pantau Harga Sembako di Pasar Tambahrejo

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Wali Kota Eri Cahyadi memantau harga sembako ke Pasar Tambahrejo Surabaya, Rabu (2/3/2022). Keduanya ingin memastikan stok sembako aman menjelang bulan suci Ramadhan 1443 H Tahun 2022.

    Kedatangan Puan disambut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Surabaya. Termasuk sejumlah Perangkat Daerah terkait di lingkup Pemkot Surabaya.

    Puan terlihat menyapa beberapa pedagang dan para pengunjung pasar. Mulai dari penjual kebutuhan pokok seperti sembako, bumbu dapur, jajanan tradisional, hingga produk tas dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) disabilitas.

    Stan pertama yang dikunjungi Puan adalah Toko Warinten. Di toko ini, Puan terlihat bercengkrama dengan pedagang, sembari menanyakan harga kebutuhan pokok seperti sembako, cabai, tahu, tempe hingga minyak goreng.

    Baca juga :  Khofifah IP : Unair Makin Tunjukkan Eksistensinya Sebagai Kampus Kelas Dunia

    Tak sekedar memastikan stok kebutuhan pokok aman menjelang bulan suci Ramadhan. Puan juga nampak membeli sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti cabai dan tomat di stan pedagang tersebut.

    Dari Toko Warinten, Puan kemudian berkeliling ke beberapa stan jajaran tradisional yang ada di Pasar Tambahrejo. Dia juga nampak bercengkrama dan membeli sejumlah jajanan lokal di sana.

    “Gimana yang beli? Selama Covid-19 ini yang beli masih ada?” tanya Puan.

    “Kadang habis kadang tidak bu. Selama Covid-19 juga masih ada yang beli, tapi tidak seperti yang dulu,” jawab si pedagang.

    Setelah itu, Puan bergeser meninjau stan penjahit tas UMKM. Di situ, Puan juga membeli sejumlah tas yang dibuat oleh penjahit disabilitas tersebut.

    Baca juga :  PT Pegadaian Area Surabaya 1 Bagikan Bingkisan Lebaran Kepada Pengurus Bank Sampah Binaan

    Terpisah, Kepala Bidang Distribusi Perdagangan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Devie Afrianto menyebutkan, bahwa salah satu fokus yang menjadi pantauan Ketua DPR RI bersama Wali Kota Eri Cahyadi di Pasar Tambahrejo adalah ketersediaan minyak goreng.

    “Kalau minyak goreng, pantauan harga yang kami lakukan di beberapa pasar sudah mulai mendekati HET (Harga Eceran Tertinggi) yang ditetapkan pemerintah per liter,” katanya.

    Devie mengungkapkan, bahwa dari hasil pantauannya di sejumlah pasar tradisional, harga minyak goreng kemasan sederhana di angka Rp 13,500. Sedangkan untuk minyak goreng kemasan premium, harga Rp 14 ribu.

    “Kemudian untuk minyak goreng curah, teman-teman pedagang itu menetapkan per kilonya Rp 13 ribu atau Rp 11,500 per liter,” ujarnya.

    Baca juga :  Khofifah IP : Unair Makin Tunjukkan Eksistensinya Sebagai Kampus Kelas Dunia

    Dengan sejumlah upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya dan dukungan dari Pemerintah Pusat, pihaknya optimistis, stok sembako dipastikan aman menjelang bulan Suci Ramadhan.  **

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan