Sabtu, 22 Januari 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoNing Ita Angkat Batik Surya Mojopahit di APEKSI Outlook 2021 Denpasar-Bali

    Ning Ita Angkat Batik Surya Mojopahit di APEKSI Outlook 2021 Denpasar-Bali

    MOJOKERTO (Wartatransparansi.com) – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengangkat motif batik bunga matahari “motif turunan Surya Majapahit” pada kegiatan APEKSI Outlook 2021 Denpasar- Bali. Ini merupakan terobosan mengangkat produk pembatik kota Mojokerto agar lebih dikenal secara nasional bhkan international.

    “Pada kegiatan APEKSI Outlook 2021 di Bali, memiliki arti penting bagi Pemerintah Kota Mojokerto. Sebagai ajang untuk menampilkan produk-produk unggulan UMKM. Sedangkan produk UMKM Kota Mojokerto, yang kami tampilkan antara lain, motif batik “Surya Majapahit” yang menjadi lambang Kerajaan Majapahit, aksesoris dan produk kriya berbahan resin,” jelas Ning Ita, ditemui di rumah Dinasnya, sepulang mengikuti APEKSI Outlook 2021 Denpasar- Bali, Senin (20/12/21) siang.

    Dijelaskan, kegiatan APEKSI Outlook 2021 yang diselenggarakan di Segara Village Sanur, Denpasar, Bali, pada Sabtu dan Minggu (18 -19) Desember 2021, bertujuan untuk mendorong kebangkitan ekonomi kota dengan tetap menjaga kesehatan di masa pandemi dan sebagai ajang refleksi dan review tahun 2021. Serta, menguatkan sinergi kerjasama pemerintah dengan pihak swasta (Kolaborasi Pentahelix).
    Masih kata Ning Ita, seperti yang dinyatakan Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto bahwa tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah daerah, selama daerah/kota mengeluarkan kekuatan dan kemampuan terbaiknya. Dalam hal ini, yang terkait dengan penanganan Covid-19 dan penguatan ekonomi.

    Baca juga :  City Tour Soekarno Ing Tlatah Majapahit 

    Ditambahkan, APEKSI tersebut merupakan akronim dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia yang anggotanya terdiri dari 98 Pemerintah Kota di Indonesia. Organisasi ini bertujuan membantu anggotanya dalam mempercepat pelaksanaan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi kerjasama antar Pemerintah Daerah

    Menurut Ning Ita menyatakan bahwa kebangkitan ekonomi pasca pandemi COVID-19 memerlukan kolaborasi dan sinergi dengan daerah lain, namun dengan tetap mengedepankan kearifan lokal. “Forum ini juga menjadi tempat berbagi ilmu bagi kepala daerah dengan para ahli dari kementerian untuk mengelola daerah sebagai upaya kolaborasi dalam peningkatan ekonomi,” tambah Ning Ita.

    Selain mendongkrak pasar batik produk UMKM Kota Mojokerto secara nasional di kegiatan APEKSI Outlook 2021, Denpasar, Bali. Sebelumnya Pemkot Mojokerto juga menggelar Mojobatik Festifal (MBF) tahun 2021, yang ditempatkan di pusat perbelanjaan di Grand Atrium Sunrise Mall Kota Mojokerto.

    Baca juga :  Optimalkan Pelayanan Publik, Pemkab Mojokerto Luncurkan Call Center 112

    Ning Ita juga menambahkan, dengan seringnya digelar even-even tersebut, mampu meningkatkan perekomian masyarakat Kota Mojokerto. Terbukti, berdasarkan laporan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Mojokerto, di tahun-tahun sebelumnya, dengan adanya even-even tersebut mampu mendongkrak omzet para wirausaha batik hingga 300 persen.

    “Melalui gelaran seperti ini, memang menjadi salah satu bentuk support pemerintah. Tidak hanya untuk melestarikan budaya tapi juga menumbuhkan potensi perekonomian yang ada”, ungkap Ning Ita.
    Walikota mengaku bangga dengan para pembatik Kota Mojokerto, yang telah berkontribusi besar dalam upaya melestarikan batik, terutama batik khas Mojokerto. Demikian juga dengan para kelompok inkubasi wirasusaha bidang batik, yang memiliki andil dalam melahirkan motif-motif baru turunan dari Surya Majapahit, motif khas Mojokerto.

    Baca juga :  Ning Ita Terima Penghargaan ‘Paritrana Award’ dan Dapat Hadiah 1 Unit Motor

    “Kami menginginkan hadirnya busana dengan perpaduan batik khas Mojokerto tersebut, tidak terlihat hanya untuk momen-momen tertentu saja, melainkan juga menjadi busa pada sehari-hari,”hara Walikota Mojokerto. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan