Selasa, 30 November 2021
25.6 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSidoarjoWagub Emil Dardak Minta IPHI Sidoarjo Wujudkan Pemberdayaan Umat

    Wagub Emil Dardak Minta IPHI Sidoarjo Wujudkan Pemberdayaan Umat

    SIDOARJO (WartaTransparansi.com) – Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B. Bus, MSc, meminta kepengurusan IPHI Kabupaten Sidoarjo, mampu menjembantani dan mewujudkan Jemaah haji mabrur sepanjang hayat, serta pemberdayaan umat.

    “IPHI merupakan wadah membangun persaudaraan bagi alumni Padang Arofah sebagai Dloifullah untuk membangun persaudaraan, kebersamaan, dan gotong royong. IPHI Sidoarjo merupakan amanah yang harus ditindaklanjuti dengan program-program nyata dan membumi,” ungkap Emil Dardak, usai melantik atau pengukuhan dan pembinaan pengurus IPHI dan Majelis Ta’lim Perempuan (MTP) IPHI Kabupaten Sidoarjo periode 2021-2026 di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Selasa (16/11/2021).

    Lanjut Emil Dardak, juga Wagub Jawa Timur ini, IPHI Sidoarjo jelas punya peran penting. Sidoarjo sebagai wilayah strategis harus bisa menggalang program-program keumatan, menggalang kerjasama dengan Baznas guna mewujudkan kesejahteraan serta pemberdayaan umat.

    Baca juga :  Dukung Kolaborasi Ulama-Umaro, Gus Muhdlor Siap Kucurkan Dana Hibah Rp 17 M ke PCNU Sidoarjo

    “Saya tadi mendengar langsung dari Kakan Kemenag Sidoarjo bahwa jumlah waiting list (daftar tunggu) Jemaah asal Sidoarjo tertinggi di Indonesia, rangkin pertama. Tentu menjadi modal dasar luar biasa, baik dari factor ekonomi mengalami peningkatan, atau nilai-nilai ibadah menjadi peran penting penyadaran. Sekali lagi, harus dibangun dengan kekompakan dan gotong royong,” ulasnya.

    Sebelumnya dijelaskan oleh Wabup H. Subandi, SH, bahwa pendaftar haji asal Sidoarjo terbanyak se Indonesia, hingga mencapai 79.649 pendaftar. Rinciannya, pandaftar haji regular 77.639 jemaah dan haji khusus (BPIH Plus) 2.010 pendaftar.

    “Bila semua Jemaah asal Sidoarjo menjadi anggota IPHI tentu menjadi jumlah sangat besar guna memupuk dan potensi mendukung program pemerintah dalam pembinaan umat, khususnya dalam menjaga kemabruran haji,” paparnya.

    Baca juga :  Dukung Kolaborasi Ulama-Umaro, Gus Muhdlor Siap Kucurkan Dana Hibah Rp 17 M ke PCNU Sidoarjo

    Menurut Abah Bandi – sapaan Ketua PKB Sidoarjo ini, harus mengembalikan marwah dan martabat dalam pengabdian di masyarakat dan mengembangkan sumber daya manusia seutuhnya, terutama kehidupan sehari-hari di masyarakat.

    “Dengan komposisi pengurus yang menurut saya ideal, maka harus ada sinergi baik secara personal, lembaga, baik Kemenag Sidoarjo, Kesra, ataupun pihak swasta untuk memberikan kemanfaatan bagi umat,” jelas abah Bandi.

    Drs. H. Achmad Zaini, MM, selaku Ketua IPHI Sidoarjo, mengatakan, target awal melakukan konsolidasi organisasi dan menyamakan persepsi dan visi sesuai dengan AD/ART dan amanah dari hasil Muktamar IPHI.

    “Alhamdulillah, kita secara resmi sudah dikukuhkan. Tentu harapan saya, semua pengurus saling baha-membahu untuk menghidupkan IPHI. Semoga dalam waktu dekat, keberadaan kantor yang menjadi prioritas bisa segera terealiasasi,” kata Achmad Zaini, juga Sekdakab Sidoarjo.

    Baca juga :  Dukung Kolaborasi Ulama-Umaro, Gus Muhdlor Siap Kucurkan Dana Hibah Rp 17 M ke PCNU Sidoarjo

    Pelaksanaan Pengukuhan dan Pembinaan IPHI dan MTP IPHI memang terasa istimewa. Selain diirngin rintik hujan penuh barokah, pembacaan alunan ayat-ayat suci AlQuran oleh qoriah Elfina, yang barusan meraih juara MTQ tingkat Provinsi Jatim, begitu mengentarkan hati. Selain paras cantik dengan balutan baju muslimah, suara merdu, qoriah asal Candi tersebut mendapat apresiasi, termasuk Wagub Emil Dardak. (mat)

    Reporter : Makin Rahmat
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan