Senin, 24 Januari 2022
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriPemkab Kediri Gencarkan Sosialisasi Gemarikan

    Pemkab Kediri Gencarkan Sosialisasi Gemarikan

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Hari Ikan Nasional diperingati pada tanggal 21 November setiap tahunnya. Menyambut Harkannas ini, Pemerintah Kabupaten Kediri terus berupaya mensosialisasikan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di berbagai desa, salah satunya Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (10/11/21).

    Tujuan Gemarikan adalah meningkatkan konsumsi ikan, meningkatkan kegemaran makan ikan,dan membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 dengan harapan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Gemarikan mengajak masyarakat terus mengkonsumsi ikan sebagai upaya  agar tumbuh sehat, kuat dan cerdas.

    Hadir dalam acara ini Eriani Annisa Hanindhito atau lebih dikenal dengan sapaan Mbak Chica, selaku Ketua Forikan Kabupaten Kediri. Didampingi Plt. Kepala Dinas Perikanan, Nur Hafid, Camat Plosoklaten Subur, Kepala Desa Jarak, serta peserta ibu-ibu bersama balitanya.

    Baca juga :  Antisipasi Warga Tak Patuh Prokes, Forkompinda Kota Kediri Gelar Apel Pamor Keris

    Pada kesempatan tersebut Mbak Chica memberikan arahan bagaimana menangani gizi anak dengan baik. Mulai dari makanan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi dan balita, di masa yang memang sangat memerlukan asupan gizi yang cukup.

    Pemkab Kediri Gencarkan Sosialisasi Gemarikan

    “Hari ini kita melaksanakan sosialisasi Gemarikan untuk ibu-ibu yang sedang hamil atau yang sedang memiliki bayi dan balita. Jadi supaya menu makanan di rumah lebih bervariasi, ibu-ibu bisa mengolah ikan. Dengan kreasi olahan ikan ini diharapkan anak-anak juga gemar makan ikan,” jelasnya.

    Menurut Mbak Chica, kandungan gizi dalam ikan sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh dan otak anak. Karena ikan mengandung sumber protein yang lengkap, yaitu omega 3, omega 6, omega 9, mineral, vitamin, dan juga rendah lemak jenuh.

    Baca juga :  Ratusan Anggota Polres Kediri Kota disuntik vaksin Booster Covid-19

    “Ayo seluruh masyarakat Kabupaten Kediri, kita sukseskan tujuan kita untuk mencerdaskan anak  dengan makan ikan. Saya juga berharap semoga tingkat konsumsi makan ikan di Kabupaten Kediri bisa meningkat  lagi,” imbuhnya.

    Hal senada disampaikan Plt. Kepala Dinas Perikanan Nur Hafid. Ia mengajak masyarakat terus mengonsumsi ikan, sebab tumbuh gizi anak terpenuhi dengan mengkonsumsi ikan.

    “Dalam giat hari ini kita berupaya untuk menggenjot konsumsi makan ikan di Kabupaten Kediri. Kita bagikan 175 paket, per paket berisi 6 jenis olahan ikan. Dari data kita, konsumsi makan ikan masyarakat mencapai 21 Kg/kapita per tahun. Target tahun ini mencapai 27,5 Kg/kapita per tahun. Ada peningkatan dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini,” ungkap Nur Hafid. (adv/kominfo)

    Reporter : Arya Budi
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan