Selasa, 19 Maret 2024
31 C
Surabaya
More
    EkbisPercepat Pembangunan, DPM Segera Gelar FGD Tol Trans Madura

    Percepat Pembangunan, DPM Segera Gelar FGD Tol Trans Madura

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) –Menyusul makin membaiknya Pandemi Covid-19 di Jatim, Dewan Pembangunan Madura (DPM) Jatim tengah merancang diskusi besar membedah pembangunan Madura. Diskusi fokus pada perlunya pembangunan tol trans Madura.

    Ketua Dewan Pembangunan Madura (DPM) H. Achmad Zaini, menjelaskan, dua hari lalu, Selasa (3/8/2021) pengurus DPM menemui Kepala Bappeda Prov Jatim Mohammad Yasin. Tokoh tokoh Madura yang hadir antara lain Rektor Univ Trunojoyo, DR Mohammad Syarif, KH Syafik Rofi’i mantan wabup Bangkalan dan dhurriyah Syaichona Kholil, intelektual Madura DR KH RPA Mujahid Anshori sekretaris DPM Harun Al Rasyid dan perwakilan pemuda Rahman SH dan H As Rizal SH.

    Pertemuan ini sebagai langkah penting ini karena sudah menyangkut masalah teknis. Sebelumnya, kami sudah dua kali  pertemuan dengan Sekdaprov Jatim DR Heru Tjahjono  setelah DPM diterima Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada 1 Juni 2021.

    Baca juga :  Di Jatim, Selama Ramadhan dan Idul Fitri BBM dan LPJ Mencukupi 

    Pertemuan yang diawali Haji Zaini dengan memberikan ucapan selamat atas nama tokoh  Madura kepada Mohammad Yasin yg diberi amanah sebagai Kepala Bappeda Provinsi Jatim yang baru .

    Lebih jauh Haji Zaini melaporkan kepada pejabat baru tersebut bahwa pertemuan ini atas arahan dari Sekdaprov  mengingat perlunya pembahasan pembangunan Tol ini sdh menyangkut hal teknis dan strategis. Haji Zaini juga menjelaskan bahwa perjuangan ini juga sudah dilaporkan dan mendapatkan dukungan dari tokoh tokoh madura sedunia dalam pertemuan yg dimotori oleh Mahfud  MD, menkopolhukam baru baru ini.

    Percepat Pembangunan, DPM Segera Gelar FGD Tol Trans Madura
    Pertemuan DPM dengan Kepala Bappeprov Jatin M. Yasin. (foto/istimewa)

    Dari pertemuan dengan Kepala Bappeda Mohammad Yasin ini disepakati akan diselenggarakannya FGD pada pertengahan September 2021. FGD ini menjadi moment yang strategis dalam menghimpun data dan informasi penting dalam rangka pembuatan Pra FS Tol Tran Madura.

    Baca juga :  Di Jatim, Selama Ramadhan dan Idul Fitri BBM dan LPJ Mencukupi 

    Diharapkan dalam FGD ini tokoh sentral madura Mahfudz MD hadir utk memberikan pemikirannya tentang perubahan Geo-ekonomi-politik madura dalam tatanan dunia baru yang berubah .

    Untuk kedatangan Menkopolhukan ini, DR Siti Marwiyah, rektor unitomo sekaligus adik kandung Mahfudz MD berupaya memastikan kehadirannya dengan sudah minta waktu melalui stafsus Mengkopolhukam Imam Marsudi.

    Sementara Rektor Unijoyo  menambahkan, bahwa berdasarkan studi yg dilakukan Unijoyo yg juga menjadi dasar surat DPM kepada Presiden Jokowi, bahwa Tol Madura adalah sebuah keniscayaan mengingat trafic volume dan kepadatan jalan di madura sudah overloaded.

    Bahkan  KH RPA Mujahid Anshori menambahkan bahwa kepadatan arus jalan mengakibatkan seringnya insiden kecelakaan.

    Sekretaris DPM Harun Al Rasyid kepada WartaTransparansi.com menegaskan, Bahwa Tol Trans Madura sesungguhnya juga sudah direncanakan dalam rencana Induk pembangunan Madura sesuai perpres 27/2008 maupun perpres Nomer 80/2019 yg diperjuangkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

    Baca juga :  Di Jatim, Selama Ramadhan dan Idul Fitri BBM dan LPJ Mencukupi 

    Lebih jauh Harun menegaskan Tol Trans Madura menjadi infrasturtur mutlak yang tidak hanya untuk mengurai kemacetan saja, tapi juga menjadi backbone bagi rencana pelabuhan tanjung bulu pandan sebagai pengganti tanjung perak, kawasan indutri dan pengungkit pariwisata alam dan Religi di Madura dalam rangka percepatan mewujudkan Madura Maju dan sejahtera pungkasnya.

    Lebih jauh untuk mendapatkan gambaran yang utuh, KH Syafik Rofii mengingatkan agar 4 bupati se Madura agar menjadi nara sumber utama dalam FGD yang akan dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai Keynote Speaker. (guh/min)

    Reporter : Teguh Safrianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan