Selasa, 22 Juni 2021
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPDIP Hadirkan Pemikiran Bung Karno di Kampung Surabaya

    PDIP Hadirkan Pemikiran Bung Karno di Kampung Surabaya

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Bulan Juni bagi PDI Perjuangan, adalah ‘Bulan Bung Karno’. Dan untuk untuk Juni kali ini, DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya merayakannya dengan menghadirkan pemikiran dan perjuangan Sang Proklamator dan Presiden Pertama RI itu ke kampung-kampung.

    “Bulan Juni ini kita memperingati Bulan Bung Karno. PDI Perjuangan Surabaya bergerak menghadirkan Bung Karno ke kampung-kampung di Kota Pahlawan dengan berbagai kegiatan,” kata Adi Sutarwijono Ketua DPC PDIP Surabaya, Rabu (2/6/2021).

    Juni, jelas lelaki yang biasa disapa Awi, diperingati sebagai Bulan Bung Karno karena pada bulan ini penuh peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan Bung Karno.

    Pada 1 Juni 1945, di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan, Bung Karno untuk kali pertama menyampaikan gagasan tentang lima sila dasar negara, yang dinamakan Pancasila. Hari itulah, 1 Juni, yang kini kita kenal sebagai Hari Lahir Pancasila.

    Baca juga :  Pakar Epidemiolog Dukung Penyekatan Suramadu hingga Angka Positivity Rate Rendah

    Kemudian, lanjut Awi yang juga Ketua DPRD Surabaya itu, hari bersejarah lainnya adalah 6 Juni 1901, ketika Bung Karno lahir di Surabaya.

    “Bung Karno lahir di Surabaya, menghabiskan masa remaja di kota ini, menghimpun gagasan dan berjuang di Surabaya. Maka tak salah Bung Karno menyebut Surabaya sebagai dapur nasionalisme,” ujar Awi. ***

    Reporter : Wetly
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan