Senin, 21 Juni 2021
30 C
Surabaya
More
    NasionalBMKG Monitor Bahaya Siklon Tropis CHOI-WAN

    BMKG Monitor Bahaya Siklon Tropis CHOI-WAN

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini terus memonitor perkembangan bibit Siklon Tropis yang tumbuh di wilayah Utara Indonesia.

    Berdasarkan analisis terbaru tanggal 31 Mei 2021, pukul 07.00 WIB, bibit siklon tropis yang sebelumnya disebut sebagai Tropical Depression yang telah terdeteksi sejak 30 Mei 2021 jam 07.00 WIB, kini telah berkembang menjadi Siklon Tropis dengan nama CHOI-WAN, tepatnya di sekitar Samudra Pasifik sebelah utara Papua Barat (8.3LU, 131.3BT, atau sekitar 850 km sebelah timur laut Tahuna).

    Siklon Tropis CHOI-WAN saat ini memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar sistem Siklon mencapai 35 knots (65 km/jam).

    “Tekanan udara minimumnya mencapai 1000 hPa dengan pergerakan ke arah Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 9 knots (15 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Meteorolog BMKG, Guswanto, dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (31/5/2021).

    Baca juga :  Wapres Desak Percepatan Pembangunan Papua

    Diperkirakan, dalam periode 24 jam ke depan, intensitas Siklon Tropis CHOI-WAN akan mengalami peningkatan intensitas dengan arah gerak terus menjauhi wilayah Indonesia.

    Disebutkan, Siklon Tropis CHOI-WAN dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca dan gelombang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode dua hari ke depan.;

    Di antaranya: Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Maluku.

    Gelombang laut dengan ketinggian 2.5 – 4 meter di Laut Maluku bagian utara, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua Barat. Gelombang laut dengan ketinggian 4 – 6 meter di Samudra Pasifik utara Papua Barat. Angin Kencang di wilayah Maluku Utara dan Sulawesi Utara.

    Baca juga :  Pasien Sembuh Terus Meningkat Menjadi 1.792.528 Orang

    BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada,  khususnya di wilayah yang terkena dampak tidak langsung dari keberedaan Siklon Tropis CHOI-WAN.

    Peningkatan curah hujan yang terjadi juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, antara lain; banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana.

    Masyarakat diimbau tidak panik dan dapat memperoleh informasi terkini melalui http://www.bmkg.go.id;  follow media sosial @infoBMKG; aplikasi iOS dan android “Info BMKG”; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. ***

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : Wetly Aljufri
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan