Kamis, 24 Juni 2021
28 C
Surabaya
More
    OlahragaStatistik Jelang Grand Prix Prancis di Le Manz

    Statistik Jelang Grand Prix Prancis di Le Manz

    Jakarta (WartaTransparansi) – Tim pabrikan Yamaha mengakhiri penantian selama empat tahun ketika mereka mengunci posisi start 1-2 di Grand Prix Prancis lewat gebrakan Fabio Quartararo dan Maverick Vinales di babak kualifikasi, Sabtu.

    Quartararo sang pahlawan lokal merayakan pole position ketiganya secara beruntun musim ini dan untuk kedua kalinya di Le Mans.

    Berikut ini sejumlah statistik yang muncul setelah babak kualifikasi GP Prancis seperti dilansir laman resmi MotoGP.

    1. El Diablo setara Gibernau dan Capirossi

    Quartararo untuk pertama kalinya mengamankan tiga pole position secara beruntun sejak rekor terakhir kali ia tampil tercepat di empat babak kualifikasi secara beruntun mulai GP Malaysia 2019 hinga GP Andalusia 2020.

    Pole position kali ini merupakan yang ke-13 dalam karier pebalap berjuluk El Diablo itu, menyamai capaian Sete Gibernau dan Loris Capirossi.



    Selain itu, pole position ini merupakan kali ketiga yang diraih Quartararo di Le Mans, termasuk tahun lalu di kelas MotoGP dan pada 2015 ketika masih membalap di Moto3.

    Baca juga :  Mirza Muttaqien Kembali Pimpin POSSI Jatim

    2. Quartararo dan jeda 67 tahun

    Tahun lalu, Quartararo sudah menempatkan diri dalam buku sejarah sebagai pebalap Prancis ketiga yang meraih pole position di Le Mans, setelah Johann Zarco (2018) dan Christian Sarron (1987).

    Sayangnya, raihan itu gagal diterjemahkan oleh Quartararo setelah hanya finis di urutan kesembilan saat balapan.

    Kini Quartararo kembali berpeluang untuk menobatkan diri sebagai pebalap Prancis kedua yang memenangi GP Prancis di kelas premier setelah Pierre Monneret di Reims pada 1954 atau 67 tahun yang lalu pada 30 Mei.

    Pebalap tim Monster Energy Yamaha Maverick Vinales di sesi latihan bebas Grand Prix Aragon, Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol. (16/10/2020) (WartaTransparansi/HO-Yamaha Motor Racing Srl)

    Baca juga :  AFP Jatim Akan Gelar Liga Futsal U-19 dan U-21 Tahun Ini


    3. Vinales bangkit, Miller konsisten

    Maverick Vinales, yang memenangi balapan di Le Mans pada 2017, meraih hasil kualifikasi terbaiknya di P2 sejak posisi start yang sama di Aragon tahun lalu. Ini juga kali pertama bagi tim pabrikan Yamaha finis 1-2 di kualifikasi sejak Mugello 2017.

    Juara GP Spanyol Jack Miller dari tim Ducati untuk ketiga kalinya secara beruntun mengamankan posisi start baris terdepan di Le Mans.

    Jika menang di balapan Minggu nanti, Miller akan menjadi pebalap Australia kedua yang menjuarai dua Grand Prix secara beruntun setelah Casey Stoner yang menang di Jerez dan Estoril pada 2012.

    4. Catatan hitam Suzuki

    Pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco finis kelima di babak kualifikasi sebagai pebalap Ducati terdepan kedua. Zarco untuk kelima kalinya secara beruntun akan start dari kedua baris terdepan di grid dan berambisi menjadi pebalap Prancis kelima yang pernah meraih kemenangan di kelas premier.

    Baca juga :  Dyan Puspito Rini Jadi Sekretaris Asprov PSSI Jatim

    Marc Marquez, yang telah menang tiga kali di Le Mans di kelas MotoGP, finis P6 di kualifikasi, menyamai hasil terbaik yang ia raih di Portugal sejak kembali membalap setelah cedera. Akan tetapi, itu merupakan hasil kualifikasi terburuk bagi Marquez di trek tersebut di kelas premier.

    Setelah menyintas Q1, Lorenzo Savadori melanjutkan pertarungan di Q2 untuk pertama kalinya dan mengamankan P11 sebagai seorang pebalap Aprilia sekaligus hasil kualifikasi terbaiknya di MotoGP.

    Juara dunia bertahan Joan Mir hanya mampu mengamankan P14 di depan rekan satu timnya di Suzuki Alex Rins yang bakal start dari P15. Ini merupakan tahun ketiga secara beruntun bagi para pebalap Suzuki gagal start dari empat baris terdepan di Le Mans. (*)

     

    Reporter : Juned
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : Antaranews Jatim

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan