Senin, 21 Juni 2021
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiUnik, Tanaman Pisang di Banyuwangi Berbuah di Pangkal Pohon

    Unik, Tanaman Pisang di Banyuwangi Berbuah di Pangkal Pohon

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com) – Warga Kelurahan Singotrunan, Kecamatan / Banyuwangi dihebohkan adanya tanaman pisang yang berada di area SMPN 3 Banyuwangi. Dikarenakan pohon pisang itu berbuah tidak di tempat pada umumnya.

    Imron (46) selaku tukang Kebun SMPN 3 Banyuwangi mengatakan terkejut dan terperangah kagum ketika ia pertama kali melihat tanaman pisang tersebut. Uniknya tanaman pisang jenis Rojo Sewu itu tidak berbuah pada ujung pohon, melainkan pada pangkal. Kejadiannya tidak disangka-sangka, waktu itu pas bersih-bersih dibelakang sekolah, saya melihat pohon pisang berbuah aneh ini

    Karena biasanya berbuah diatas tetapi ini berbuah dipangkal pohon,” ucap Imron. Jumat (16/4/2021).

    Menurutnya kejadian ini baru pertama kali ia temui dan baru pertama kali terjadi di tempat tersebut. Sejumlah guru sekolah tersebut turut terheran-heran dengan fenomena pisang unik tersebut. Hal itu membuat Imron ingin terus merawat pohon pisang itu hingga nanti waktunya panen.

    Baca juga :  Warga Heboh, Bayi Ditemukan Di Pondok Sawah Popongan

    Pisang unik mincul di Banyuwangi

    Umur pisang 1,5 bulan nanti saya akan merawat pisang ini hingga waktu panen tiba,” katanya.

    Sementara itu Dosen Biologi Universitas PGRI Banyuwangi, Fuad Ardiyansyah menyampaikan jika hal itu menjadi fenomena biasa. Karena fenomena ini terjadi akibat adanya kelainan proses pembuahan pada tanaman itu sendiri. Ada dua kemungkinan pertama ada proses differensiasi organ seksual dari pisang tersebut yang tidak sempurna. Ontong atau jantung pisangnya seharusnya keluar di ujung tanaman menjadi keluar dari batang. Akibatnya bunganya yang berada di dalam, terbuahi dan terbentuk atau terjadi di dalam batang pisang,” jelas Fuad sapaan akrabnya.

    Baca juga :  Kombes Pol Arman Asmara Tinggalkan Banyuwangi

    Kemudian, lanjut kata Fuad, kemungkinan ke dua bisa jadi pohon pisangnya pernah dilukai di bagian hatinya (calon jantung pisang) sehingga menjadikannya kekurangan tenaga untuk menyumbul ke atas.Sehingga jantung pisang jadi membesar di bagian batang.

    Karena pertumbuhan buah ini menyesuaikan tempatnya dan embrio itu biasanya memiliki tingkat survive yang tinggi sesuai karakter induknya. Maka dengan keterbatasan ruang karena ada pelepah pisang maka pertumbuhannya ya gitu jadi muncul di batang,” pungkasnya. (Yin).

    Reporter : Nur Muzayyin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan