Rabu, 23 Juni 2021
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanTanggulangi Kemiskinan Ketua DPRD Magetan Sosialisasi Perda

    Tanggulangi Kemiskinan Ketua DPRD Magetan Sosialisasi Perda

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) – Dari data yang di rilis angka kemiskinan di Kabupaten mengalami kenaikan selama tahun 2020 lalu. Diketahui 10,35 persen warga Magetan masuk kategori miskin.Walau naiknya tidak signifikan sekitar 0,75 persen dibanding tahun 2019.

    Kenaikan sebesar 0,75 persen atau 9,61 persen tahun 2019 naik menjadi 10,35 persen tahun 2020. Dijelaskan 10,35 persen atau 65,09 ribu warga Magetan kategori miskin adalah mereka yang pengeluaran per kapita per bulannya di bawah Rp. 354.936.

    Sujatno, SE, MM Ketua DPRD Magetan mengatakan masyarakat kita mayoritas tinggal di daerah pedesaan, dan sebagian penduduknya hidup dalam kemiskinan. “Ada beberapa faktor penyebab kemiskinan,’ujar Sujatno dalam sosialisasi Perda di Aula Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran.

    Baca juga :  Pendaki Gunung Lawu Diduga Terserang Hipotermia, Dievakuasi Tim SAR

    Dijelaskan dalam sosialisasi Perda No. 4 tahun 2019 tentang penanggulangan kemiskinan Penduduk dan keluarga dengan kategori kemiskinan digolongkan menjadi miskin dan orang tidak mampu. Penduduk dan keluarga dengan kategori kemiskinan diberikan hak untuk mendapatkan kartu identitas kemiskinan daerah.

    Dalam sosialisasi Perda ini dijelaskan Penanggulangan Kemiskinan adalah kebijakan dan program pemerintah dan pemerintah daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam meningkatkan derajat kesejahteraan rakyat.

    Lebih lanjut Sujatno menyampaikan ada beberapa program penanggulangan kemiskinan diantaranya kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dunia usaha serta masyarakat dalam bentuk bantuan, jaminan, rehabilitasi dan pemberdayaan.

    Baca juga :  Banyak Sorotan Pelatihan Di Surakarta Akhirnya Kesbangpol Magetan Angkat Bicara

    Bentuk dan program perlindungan penduduk dan keluarga dengan kategori kemiskinan meliputi bantuan pangan dan sandang, bantuan kesehatan, bantuan perumahan, bantuan pendidikan, bantuan perlindungan rasa aman, dan pelayanan sosial. “Diharapkan dengan adanya program program ini dapat menekan dan mengurangi kemiskinan yang ada di Kabupaten Magetan,” Pungkasnya. (rud)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan