Minggu, 19 September 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanTahun 2021 Kemensos Cabut Santunan Rp 15Juta Bagi Pasien Meninggal Karena Covid...

    Tahun 2021 Kemensos Cabut Santunan Rp 15Juta Bagi Pasien Meninggal Karena Covid 19

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) – Kementerian Sosial (Kemensos RI) mengeluarkan surat edaran(SE) yang ditujukan kepada pasien yang meninggal dan dinyatakan Covid-19. Bahwa mulai tahun 2021 ini, pasien covid 19 yang meninggal dunia tidak akan mendapatkan santunan lagi.

    Sebelumnya setiap pasien yang meninggal dunia karena Covid 19 akan mendapatkan santunan sebesar Rp15 juta.

    Berdasarkan surat edaran Kementerian Sosial RI melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tertanggal 18 Februari 2021 perihal Rekomendasi dan usulan santunan ahli waris korban meninggal akibat covid 19 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Sosial Propinsi Seluruh Indonesia.

    Kepala Dinas Sosial Magetan Yayuk Sri Rahayu, SE, ketika di konfirmasi soal surat edaran Kemensos, membenarkan. “Saat ini kami masih menunggu surat dari Dinas Sosial Provinsi,”ujar Yayuk.

    Baca juga :  Rapat Paripurna Penyampaian Tanggapan Bupati Atas 2 Usulan Raperda

    Dijelaskan dalam SE tersebut disampaikan ada beberapa poin diantaranya bahwa tahun 2021 tidak ada anggaran santunan korban Covid yang meninggal dunia, sehingga usulan dan rekomendasi yang sudah dimasukkan tidak dapat ditindaklanjuti.

    Lebih lanjut Yayuk mengatakan saat ini Dinas Sosial Magetan sudah mengajukan pengusulan sebanyak 12  pasien di tahun 2020 dan 8 pada tahun 2021. “Dari pengusulan ini sampai sekarang belum ada yang terealisasi,” kata Yayuk.

    Dengan demikian berdasarkan SE dari Kemensos RI santunan tidak akan bisa terealisasi baik usulan tahun 2020 maupun tahun 2021 ini. Hal ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Magetan tetapi juga di kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. (rud)

    Reporter : Rudy
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan