Rabu, 22 September 2021
33 C
Surabaya
More
    OpiniTajukExcellence, Pemprov Jatim Membentuk Corporate University

    Excellence, Pemprov Jatim Membentuk Corporate University

    Oleh Djoko Tetuko – Pemimpin Redaksi WartaTransparansi.com

    Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, ‘Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,’ maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘Berdirilah kamu,’ maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan” (Surat Al-Mujadilah Ayat 11)

    Menurut tafsir Ibnu Katsir, bahwa janganlah kamu mempunyai anggapan bahwa apabila seseorang dari kalian memberikan kelapangan untuk tempat duduk saudaranya yang baru tiba, atau dia disuruh bangkit dari tempat duduknya untuk saudaranya itu, hal itu mengurangi haknya (merendahkannya). Tidak, bahkan hal itu merupakan suatu derajat ketinggian baginya di sisi Allah, dan Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala itu untuknya, bahkan Dia akan memberikan balasan pahalanya di dunia dan akhirat.

    Karena sesungguhnya barang siapa yang berendah diri terhadap perintah Allah, niscaya Allah akan meninggikan kedudukannya dan mengharumkan namanya. Karena itulah maka disebutkan oleh firman-Nya: niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    Allah Maha Mengetahui siapa yang berhak untuk mendapatkannya dan siapa yang tidak berhak mendapatkannya.
    Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Kamil, telah menceritakan kepada kami Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab, dari Abut Tufail alias Amir ibnu Wasilah, bahwa Nafi’ ibnu Abdul Haris bersua dengan Umar r.a. di Asfan, dan sebelumnya Umar telah mengangkatnya menjadi amilnya di Mekah. Maka Umar bertanya kepadanya, “Siapakah yang menggantikanmu untuk memerintah ahli lembah itu (yakni Mekah)?” Nafi’ menjawab, “Aku angkat sebagai penggantiku terhadap mereka Ibnu Abza —seseorang dari bekas budak kami—.” Umar bertanya, “Engkau angkat sebagai penggantimu untuk mengurus mereka seorang bekas budak?” Nafi’ menjawab, “Wahai Amirul Mu’minin, sesungguhnya dia adalah seorang pembaca Kitabullah (ahli qiraat lagi hafal Al-Qur’an) dan alim mengenai ilmu faraid serta ahli dalam sejarah.”

    Baca juga :  Tiga Fokus PMI Jatim Perkuat Kehidupan Normal Baru

    Maka Umar r.a. berkata dengan nada menyetujui, bahwa tidakkah kami ingat bahwa Nabimu telah bersabda:
    Sesungguhnya Allah meninggikan derajat suatu kaum berkat Kitab (Al-Qur’an) ini dan merendahkan kaum lainnya karenanya.

    Selasa (29/12/2020), Pemprov Jawa Timur melakukan kerjasama (MoU) dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Kemenpan-RB membentuk Jatim Corporate University (CarpU). MoU ditandatangani bersama ketiga pimpinan lembaga tersebut, melalui virtual.

    Pembentukan CorpU bertujuan mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Profesional dan berkelas dunia, maka dibutuhkan sinergi dan kolaborasi yang berorientasikan pada hasil.

    Memberi peluang kepada ASN dengan potensi dan kapasitas memungkinkan mencapai kemajuan juga kemampuan secara profesional berkelas dunia, maka ke depan kompetensi ASN sangat menentukan. Bukan karena KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme)

    Baca juga :  Soekano, Megawati, Puan dalam Keajaiban dan Kalkulasi Politik

    Ide ini merupakan inovasi tingkat tinggi. Tetapi membutuhkan waktu minimal 3-5 tahun ke depan baru dapat melihat potensi dan kemampuan dengan kompetensi profesional berkelas dunia.

    Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih kepada Kemenpan-RB Tjahyo Kumolo dan Kepala LAN Dr. Adi Suryanto yang telah berkolaborasi untuk mewujudkan ASN yang berkelas dunia.

    Gubernur wanita pertama di Jatim, juga menunjuk BPSDM Jawa Timur untuk mengimplementasikan Corporate University tersebut.

    Menurut Khofifah, penandatanganan Nota Kesepakatan ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus kepercayaan besar bagi Pemprov Jatim yang harus dibuktikan dengan penuh tanggung jawab dan keseriusan.

    Pembentukan Jatim Coorporate University, sangat dibutuhkan karena bersifat integratif, partisipatif dan sustainable. Oleh karenanya, untuk lebih mengoptimalkan Jatim Coorporate University Pemprov Jatim menunjuk Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim sebagai koordinator atau pusat pengembangan kompetensi ASN.

    Dijelaskan bahwa sistem yang dikembangkan pada CorpU adalah belajar dimana saja, sehingga lebih banyak formatnya magang atau on The Job Training. Sistemnya bisa melalui Streaming. Jadi ASN dapat meningkatkan profesionalitas sesuai dengan kompetensi yang mereka inginkan, dan dari berbagai daerah.

    Baca juga :  Waspadalah! Kekuatan Kontingen PON Buram dan Performance Atlet Turun

    Kepala LAN Dr. Adi Suryanto menyambut baik langkah kerjasama antara Kementerian PAN-RB dan Lembaga Administrasi Negara dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka mengembangkan ASN Corporate University.

    Selain itu, pembentukan CorpU dinilai sebagi respon terhadap adanya pergeseran paradigma dari training and development menjadi learning and development yang berfokus pada peningkatan kompetensi pegawai dalam rangka meningkatkan kinerja dan produktifitas pembangunan nasional dalam tataran praktek pengembangan kompetensi

    Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo juga mengapresiasi dan menyambut baik langkah kerjasama 3 lembaga yaitu Kemenpan-RB, LAN dan Pemprov Jatim dalam upaya pengembangan Kompetensi ASN Pemprov Jatim. Dan
    berharap agar segera ada tindak lanjut yang konkret.

    Excellence (keunggulan) adalah bakat atau kualitas yang sangat baik sehingga melampaui standar biasa. Ini juga digunakan sebagai standar kinerja yang diukur misalnya melalui indikator. Dan Corporate University, memberikan peluang, kesempatan kepada ASN seluas-luasnya mencapai derajat tertinggi dengan modern dan transparan. Inilah

    Gubernur Khofifah
    memberikan kelapangan untuk tempat ASN berkembang dan mampu menduduki jabatan apa saja melalui kunci kompetensi di bidang yang sesuai secara profesional san berkelas dunia. Itu derajat tertinggi pemimpin dan para pengikutnya. (jt)

    Reporter :
    Penulis : Djoko Tetuko
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan