Jumat, 29 Maret 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaKiper Muda Persebaya Sudah Berlatih dengan Bola

    Kiper Muda Persebaya Sudah Berlatih dengan Bola

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Empat bulan sudah berlalu. Kondisi kiper muda Persebaya Surabaya Ernando Ari Sutaryadi kian membaik. Kiper kelahiran Semarang itu telah berlatih dengan bola. Bahkan dia sudah bisa melempar dan menangkap bola dengan baik.

    Ernando mengalami cedera bukan saat berlatih bersama Persebaya, melainkan saat mengikuti pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia di Jakarta pada Agustus lalu. Dia mengalami cedera pada bahunya. Nando, sapaannya, juga harus menjalani operasi untuk memulihkan kondisinya.

    Perkembangan positifnya disampaikan pelatih kiper Persebaya Benny van Breukelen. Bahkan, Nando telah berlatih di pusat kebugaran. “(Kondisi) Nando sudah bagus sekarang ini. Dia sudah bisa menangkap bola. Artinya, bahu Nando yang cedera sudah bisa bergerak dengan normal setelah operasi,” ungkapnya.

    Baca juga :  Tambah 10 Pemain Baru,  Persekabpas Target Lolos Babak 32 Besar

    Hanya saja, pria bernama lengkap Benyamin van Breukelen tersebut belum bisa memastikan kapan Nando dapat berlatih di lapangan. Menurutnya, terpenting adalah pulihnya kiper yang membawa timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF 2018 itu. Benny bersyukur lama cedera yang dialami Nando sesuai dengan prediksi tim medis Persebaya, yakni empat bulan.

    “Tinggal melihat bagaimana dia jatuh dan bangun di lapangan. Yang jelas, saya ikut senang karena perkembangannya sudah bagus,” beber Benny.

    Mantan kiper Niac Mitra itu berharap Nando segera pulih total. Dengan begitu, kiper kelahiran 27 Februari 2002 tersebut bisa ikut berlatih dengan Bajol Ijo ketika tim kebanggaan Bonek ini mempersiapkan diri menyambut kompetisi yang direncanakan bergulir Februari 2021 mendatang.

    Baca juga :  Timnas Berpeluang Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

    “Semoga perkembangannya terus membaik. Soalnya saya diminta Coach Aji (Santoso) untuk memantau kondisi Nando, biar bisa gabung kalau Persebaya memulai persiapan,” ungkap pelatih kelahiran Medan, Sumatera Utara ini.

    Kendati demikian, lanjut Benny, Persebaya tidak akan memaksa Nando untuk lekas bergabung dengan tim. Meski perhelatan Piala Dunia U-20 2021 resmi dibatalkan FIFA, peluang Nando untuk berseragam timnas Indonesia U-19 masih terbuka.

    “Untuk saat ini, Nando saya kira masih yang terbaik (diusianya). Semoga dia bisa pulih 100 persen hingga bisa kembali ke timnas. Mana yang baik, Persebaya akan mendukung,” tandas Benny. (dik)

    Reporter : Dian Kurniawan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan