Jumat, 21 Juni 2024
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriPemkot Kediri Pacu Kesiapan UMKM dengan Onboarding di Marketplace 

    Pemkot Kediri Pacu Kesiapan UMKM dengan Onboarding di Marketplace 

    KEDIRI (Wartatransparansi.com) – Pemerintah Kota Kediri terus melanjutkan pendampingan bagi pelaku UMKM untuk go digital. Dalam hal ini, salah satu cara yang ditempuh adalah memperkuat kesiapan para pelaku usaha dalam proses onboarding di marketplace. Hari Kamis (3/12), Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri menyelenggarakan workshop ‘Optimasi Penjualan di Shopee’ yang bertempat di Insumo Palace Hotel, Kota Kediri.
    .
    Tema tersebut dipilih karena Shopee merupakan salah satu platform marketplace terbesar du Tanah Air yang banyak diminati konsumen.
    .
    “Sebenarnya sudah cukup banyak pelaku usaha di Kota Kediri yang sudah punya toko online di Shopee, namun penjualan produknya belum optimal. Jadi perlu diedukasi bagaimana agar produk mereka bisa bersaing di marketplace,” jelas Plt Sekretaris Disperdagin Tintawati.
    .
    Dalam workshop yang diikuti 25 peserta, Disperdagin menghadirkan, Gustio Wahyu Wirata sebagai narasumber. Dengan pengalaman bekerja di salah satu platform e-commerce, Gustio membagikan tips untuk mengoptimalkan penjualan produk di Shopee. Dia  mengatakan, pelaku UMKM perlu mengubah pola pikir (mindset) untuk dapat sukses di pasar digital.
    .
    “Mau tidak mau, sikap mental offline perlahan harus diubah agar bisa beradaptasi di ekosistem digital,” demikian Gustio menegaskan.
    .
    Pemkot Kediri meyakini bahwa digitalisasi memegang peranan penting dalam pemulihan ekonomi daerah dimasa pandemi ini. Walikota Abdullah Abu Bakar dalam berbagai kesempatan pun menyampaikan pentingnya migrasi UMKM ke pemasaran digital. Untuk itu, berbagai program dan strategi telah dijalankan, salah satunya melalui pendampingan yang berkelanjutan.
    .
    Salah satu peserta, Faisal Rozaqy, merasa senang berkesempatan mengikuti workshop ini.
    .
    “Saya mendapatkan pengetahuan baru yang nantinya dapat saya aplikasikan untuk meningkatkan penjualan online,” kata pemilik brand lokal Corner Attack Merch, yang memproduksi kaos custom dan produk fesyen anak muda.
    .
    Workshop ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan, dimana setiap peserta diwajibkan bermasker. Hidangan makan siang pun dilayani oleh staf hotel.(bud)

    Reporter : Arya Budi

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan