Djoko Tetuko (pemotretan) Ranu Bedali Lumajang

Oleh Djoko Tetuko – Pemimpin Redaksi Wartatransparansi.com

Khotmil Quran untuk
mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lanjutan serentak 9 Desember 2020, damai. Sebuah doa, ikhtiyar, dan kepasrahan sangat tinggi bahwa tidak ada permohonan kecuali hanya kepada Allah SWT semata.

Kamis (19/11/2020) di Masjid Arif Nurul Huda, Mapolda Jatim, Forkopimda Jatim. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya beserta Ketua MUI, tokoh agama dan tokoh masyarakat menyelengarakan Khotmil Qur’an yang juga diikuti seluruh jajaran Polres se- Jatim.

Ikhtiyar dengan melantunkan dan mendengar lantunan ayat suci Al Quran mempunyai beberapa keajaiban dari Allah SWT. Salah satu keajaiban itu ialah akan diselesaikan semua urusan manusia dengan pertolongan dan rahmat Allah SWT.

Apalagi, ketika membaca Al Fatihan …”Iyyakan’ budu Wa iyya kanash ta’in” ( kepada Mu Ya Allah kami mengabdi dan kepada Mu Ya Alloh kami memohon pertolongan menyerahkan sepenuhnya berbagai urusan setelah berusaha ikhtiyar maksimal, maka insyaAllah akan melahirkan keputusan dan peristiwa yang terbaik.

Tetapi, diingatkan oleh Allah bahwa (1) demi waktu/masa; (2) Sesunggunya semua manusia merugi; (3) kecuali yang beriman, beramal sholeh, dan saling mengingatkan tentang kebenaran dan kesabaran.

Forpimda Jatim dalam Pilkada di 19 kabupaten/kota se Jatim, tentu konsentrasi penuh supaya pesta demokrasi memilih pemimpin daerah secara langsung sukses. Walaupun pasti ada gejolak antara puas atau tidak puas, antara siap menerima kekalahan atau tidak siap menerima takdir kurang sesuai dengan nafsu.

InsyaAllah dengan syafaat Al Quran akan memberikan jalan penyelenggraan Pilkada, senantiasa mendapat rahmat, Taufiq dan hidayahNya. Jatim sudah diuji dengan kasus positif tertinggi. Karena tetap ikhtiyar dan sabar berhasil melawati.

Pilkada 9 Desember 2020, tinggal menunggu hitungan hari, termasuk di 9 provinsi wilayah lain, di 208 kabupaten daerah lain, dan 34 kota pemerintahan di luar Jatim, akan mendapat ujian karena (sengaja) menggelar pesta demokrasi kerakyatan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilakukan di Jatim membutuhkan dukungan semua pihak energi lahir batin yang luar biasa.

InsyaAllah Khotmil Quran dengan sungguh-sungguh karena cinta dan mengharap Ridlo Allah SWT, akan memberikan jalan kemudahan.

“Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Isra’: 9)

“Sesungguhnya Kami menurunkan al-Dzikra (Al-Quran), dan sesungguhnya Kami sungguh akan menjaganya” (QS Al Hijr : 13).

Semoga ikhtiyar khas bagi umat Islam ini, yaitu Khotmil Quran, terutama di Jatim dan menjadi bagian ikhtiyar Gubernur Khofifah setiap menghadapi permasalahan nasional, memberi petunjuk ke arah kemudahan dalam berbuat kebaikan. Berbuat untuk kemaslahatan umat. (jt)