Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaPersebaya Gelar Latihan Perdana dengan Protokol Kesehatan

    Persebaya Gelar Latihan Perdana dengan Protokol Kesehatan

    SIDOARJO (WartaTransparansi.com) – Setelah sekitar lima bulan absen karena pandemic Covid-19, akhirnya Persebaya menggelar latihan untuk pertama kalinya di Gelora Delta Sidoarjo, Senin (31/8/20). Dalam latihan kali ini benar-benar dilakukan protokol kesehatan sangat ketat.

    Sebelum latihan pun pemain sudah menjalani test swab. Latihan dilakukan tertutup. Hanya pemain dan ofisial Persebaya yang diperbolehkan berada di area  latihan. ”Akses ke dalam latihan memang kita batasi. Hanya pemain dan ofisial yang boleh masuk,” terang dr Pratama Wicaksana, dokter tim Persebaya.

    Dokter yang akrab disapa Tommy ini mengemban tanggung jawab penuh dalam penerapan protokol kesehatan. Soal ini, kata Tommy, tidak ada kompromi. Pasalnya, sejak awal Persebaya memang peduli dalam urusan keselamatan. Itu sebabnya, Persebaya kali pertama menyuarakan tidak setuju  kompetisi dilanjutkan.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    ”Manajemen memberi wewenang penuh pada saya untuk memastikan latihan dan aktifitas tim tetap diberlakukan protokol kesehatan yang ketat,” tandasnya.  ”Dimulai dari tes swab beberapa waktu lalu. Syukur hasilnya semua negatif. Baru  latihan bisa digelar,” lanjutnya.

    Pada latihan perdana kali ini  Persebaya menyediakan bus mengangkut pemain ke lokasi latihan.  Sebelum naik bus, para pemain di check suhu dan cuci tangan.  Sebelumnya, kit man Persebaya,  Benny Sutrisno melakukan sterilisasi interios bus.  Lokasi duduk para pemain juga dibuat berjarak  dan tetap mengenakan masker.

    Sesampai di lokasi, cek suhu dan cuci tangan pun kembali diberlakukan sebelum pemain masuk ke dalam stadion. Begitu semua pemain dan ofisial masuk, gerbang di gate 2 Stadion Delta Sidoarjo ditutup.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    Sebelum latihan, Dokter Tommy membrefing lebih dulu terkait penerapan protokol kesehatan selama latihan.  Mulai seminimal mungkin bersentuhan dengan sesama  pemain. Sampai hal-hal kecil yang biasa dilakukan spontan saat latihan. Seperti meludah. Bersih maupun berbagi minuman. Untuk minuman, tim operasional sudah menyiapkan tempat khusus. ”Minuman kita siapkan di meja. Tidak lagi kemasan botol tetapi  dalam gelas. Agar sekali minum langsung buang,” ujarnya.

    Protokol yang sama juga diterapkan kepada media peliput. Hanya saja, di latihan perdana kemarin, akses media belum diberikan. Gantinya, tim media Persebaya lakukan live Facebook sepanjang latihan. Selain buat jurnalis, pendukung Persebaya bisa menyaksikan latihan perdana ini.

    Terpisah, Pelatih Persebaya Aji Santoso mengaku terkesan dengan kondisi anak asuhnya. Meski sudah lama tidak latihan bersama namun kondisi fisik mereka terjaga dengan baik. “Hari ini latihan perdana di lapangan Delta, dan Alhamdulillah kondisi pemain meskipun tidak 100 persen tapi tidak terlalu signifikan turunnya,” ujar Aji.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    Sebanyak 20 pemain mengikuti latihan yang diselenggarakan pagi tadi. Zoubairou Garba masih menjalani tes swab susulan. Sementara itu Mokhamad Syaifudin masih menjalani proses penyembuhan cedera. (sr)

     

     

    Reporter : Samuel Ruung

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan