Minggu, 17 Oktober 2021
26 C
Surabaya
More
    Renungan PagiAllah Tinggikan Derajat Orang Beriman Berilmu Dunia Akherat

    Allah Tinggikan Derajat Orang Beriman Berilmu Dunia Akherat

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun ilmu tanpa iman, bagaikan lentera di tangan pencuri.
    (Buya Hamka)

    Islam menganjurkan umatnya agar senantiasa meningkatkan keimanan pada dirinya dan giat dalam menuntut ilmu agar kesuksesan dalam hidup dapat tercapai.

    “Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di dunia, wajib baginya mempunyai ilmu. Barang siapa menginginkan kebahagiaan akhirat, wajib baginya mempunyai ilmu. Barang siapa menginginkan kebahagiaan keduanya, wajib baginya mempunyai ilmu”.
    (H.R. Tabrani)

    Ilmu dalam Islam menempati posisi sangat penting. Salah satunya Al-Qur’an menyebut, sehingga orang yang berilmu itu menempati posisi mulia. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman;

    “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat, dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala  Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
    (QS.Al-Mujadalah: 11)

    Konsep ilmu dalam Islam tidak memisahkan antara iman dan ilmu pengetahuan. Tidak memisahkan unsur dunia dan unsur akhirat. Karena pada hakikatnya ilmu pengetahuan dipelajari bermuara pada satu tujuan penting, mengenal Allah Subhanahu Wa Ta’ala, beribadah kepada-Nya dan kebahagiaan di akhirat.

    Allah Ta’ala memerintahkan Rasul-Nya Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk berdoa dan meminta ilmu yang bermanfaat kepadaNya. Allah Ta’ala berfirman kepada Nabi-Nya,

    “Dan katakanlah, ‘Wahai Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu.”
    (QS.Thoha : 114).. (Ferry Ismirza)

    4 hari lagi 1 ramadhan

    Reporter :
    Penulis : Ferry Ismirza
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan

    Untukmu Para Istri…

    Wahai Para Istri…

    Rahasia Kebahagiaan

    Amanah