Selasa, 23 Juli 2024
23 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiDinas Koperasi Banyuwangi Belum Keluarkan Ijin Penjualan Minol

    Dinas Koperasi Banyuwangi Belum Keluarkan Ijin Penjualan Minol

    BANYUWANGI (WartaTransparansi.com) – Dinas Koperasi, usaha mikro dan perdagangan kabupaten Banyuwangi belum mengeluarkan ijin terkait penjualan minuman beralkohol (Minol) yang beredar mulai dari kadar 0 persen hingga 55 persen yang di jual secara bebas. 

    Kepala Dinas koperasi, usaha mikro dan perdagangan Nanin Octaviani melalui Kasi Perdagangan, Budi utomo menjelaskan bahwa selama ini kita belum pernah mengeluarkan ijin cuma kami selaku yang membidangi melakukan monitoring, ternyata dilapangan itu berdasarkan Undang Undang 25 kewenangan dari Kabupaten itu SIUP MB ( Minuman Beralkohol ) golongan B dan C.

    Yang tercantum dalam di UU ada 3 golongan seperti golongan A meliputi kadar alkohol 1 sampai 5 persen, golongan B meliputi 6 sampai 20 persen sedangkan golongan C 21 sampai 55 persen.

    Baca juga :  Menpora Dito Apresiasi Pemerintah Banyuwangi Konsisten Gelar TdBI Kelas Dunia

    Tetapi selama ini ijin yang berlaku dari pusat itu untuk sub distributor bukan untuk penjual langsung.” ujar Budi saat ditemui dikantornya. Rabu (8/3).

    Kasi perdagangan juga menambahkan kami hanya monitoring saja, teryata hasil pantauan tim kami menemukan banyak toko – toko yang mengaku ngaku sebagai SUB distributor, semuanya sudah kami surati dan hasil monitoring kami langsung kami laporkan dan kami informasikan ke pusat.

    Namun apabila ditemukan di lapangan penjualan mereka yang mengatasnamakan distributor dan sub distributor kepada konsumen langsung, itu kita bisa informasikan di pusat untuk dicabut perijinannya.

    Di karenakan hingga selama ini kami dari dinas perdagangan belum pernah mengeluarkan perijinannya, Karena SOP terkait minol di banyuwangi belum jelas.” Imbuhnya. (Yin).

    Baca juga :  Waketum PB ISSI Lepas Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

    Penulis : Nur Muzayyin

    Editor : Amin Istighfarin

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan