Duta Gemarikan Jatim tahun 2020 segera di gelar

SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur tahun ini kembali menyelenggarakan Pemilihan Duta Gemarikan Jawa Timur Tahun 2020. Rencana pelaksanaanya dilakukan di Dyandra Convention Center Surabaya, pada Kamis (19/3/2020).

Ketua Panitia Penyelenggara Duta Gemarikan Jawa Timur 2020, Farida, S.Pd.,MM yang juga menjabat Kepala Seksi Akses Pasar, Promosi dan Logistik mengatakan, hal ini dilakukan mengingat besarnya fungsi dan peran pemerintah untuk sektor perikanan dan visi Indonesia menjadi negara penghasil sumber daya dan produk perikanan terbesar.

Selain itu, keberadaan sumber daya kelautan dan perikanan yang hampir tidak terbatas, sementara sebagian besar masyarakat yang hidup di kawasan kelautan masih belum bisa menikmati manfaatnya.

Selain karena faktor kelengkapan sarana dan prasarana, juga terbatasnya distribusi informasi, lemahnya perangkat informasi yang bisa mencapai kawasan -kawasan pelosok negeri, serta kurangnya pemahaman masyarakat akan manfaat mengkonsumsi ikan sejak dini.

Lanjut dikatakan Farida, bahwa kegiatan ini memiliki muatan informasi berharga tentang pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini bagi diri sendiri dan keluarga. Selain itu, membantu masyarakat untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan. “Semua itu untuk membentuk manusia Indonesia yang kuat, sehat, cerdas dan berpenampilan prima sekaligus membangun karakter bangsa, yakni mencerdaskan masyarakat secara fisik dan mental,” ujarnya.

Oleh karena itu pada tahun 2020 ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur melakukan promosi gerakan memasyarakatkan makan ikan melalui Pemilihan Duta Gemarikan Jawa Timur 2020 yang nantinya akan mengemban peran dalam rangka menyebarkan informasi dan promosi terkait upaya peningkatan konsumsi ikan.

Farida yang ditemui di sela-sela acara seleksi peserta duta Gemarikan Jawa Timur 2020 di Ruang Rapat Nautica DInas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, menjelaskan bahwa tema dari kegiatan ini adalah “Ayo Makan Ikan Untuk Mewujudkan Generasi Milenial yang Sehat dan Cerdas”.

Untuk tahun ini kriteria peserta kalangan umum utusan DKP Kabupaten/Kota berusia 18-22 tahun saat pendaftaran. Hasil penjaringan peserta berjumlah kurang lebih 200 peserta. Dari penjaringan itu kemudian diseleksi lagi dan menjaring 50 orang peserta, terjaring lagi 20 peserta, hingga seleksi akhir menetapkan 10 pasang peserta yang mengikuti seleksi di DKP Provinsi Jatim.

Farida mengatakan, kegiatan seleksi merupakan kegiatan khusus untuk seluruh finalis yang terpilih dan akan diproses melalui pengujian langsung oleh tim juri untuk menentukan pemegang gelar Duta Gemarikan Jawa Timur 2020. Kegiatan seleksi dibagi menjadi tiga, yaitu Seleksi Administrasi (meliputi kelengkapan berkas dan kualitas Essay), Seleksi Interview (Pengetahuan Umum, Kepribadian dan Kemampuan Bahasa Asing, serta Kemampuan Public Speaking), serta Karantina (Bagi 20 Finalis Putra/Putrii lolos tahap seleksi awal), Seleksi Performance (Bagi 10 Finalis Terpilih Lolos Tahap Seleksi sebelumnya).

Tahap seleksi ketiga ini dilakukan di hari berikutnya bertempat di stage dengan audience yang telah diundang sebelumnya.

Karantina selama dua hari bertempat disalah satu hotel di Surabaya (Tentative), dan terakhir Seleksi Performance dan Penobatan Duta Gemarikan Jawa Timur 2020 bertempat di Dyandra Convention Center Surabaya pada tanggal 19 Maret 2020.

Bagi Juara I, II dan III Duta Gemarikan Jawa Timur 2020 , berkesempatan untuk mempresentasikan program-program kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim serta kegiatan sosialisasi Gemarikan dan mengikuti Kegiatan di Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur serta Promosi Produk Kelautan dan Perikanan di Seluruh Indonesia. (guh)