Sabtu, 20 April 2024
29 C
Surabaya
More
    OlahragaFIFA Belum Putuskan Jumlah Venue untuk PD U-21

    FIFA Belum Putuskan Jumlah Venue untuk PD U-21

    JAKARTA –  Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa arahan Presiden terkait Piala Dunia U-20, yakni masalah persiapan venue yang harus segera ditentukan dan Tim Nasional (Timnas) U-20.

    Untuk Timnas, menurut Menpora, sekarang ini sedang masuk pada tahap seleksi dan beberapa hari ke depan akan mulai diujicobakan di Thailand.

    “Venue-nya harus segera ditentukan supaya perbaikannya bisa kita lakukan lebih awal, itu. Karena semua stadion yang akan kita gunakan pasti akan ada perbaikan. Cuma ada yang minor, ada yang major. Kemudian yang kedua adalah persiapan timnas. Jadi Pak Presiden wanti-wanti betul persiapan timnas kita jangan sampai di babak penyisihan sudah tersingkir kita,” jelas Menpora tentang persiapan Piala Dunia FIFA U-20, Jumat (17/1/2020).

    Penentuan venue dari 10 yang diusulkan, menurut Menpora, hingga kini belum mendapatkan konfirmasi FIFA akan menggunakan yang mana. “Tapi sebagai informasi kepada teman-teman sekalian bahwa sejak kemarin, hari ini, dan besok tim dari PSSI yang dipimpin oleh Sekjen sedang rapat di markas FIFA,” ujarnya.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Informasinya tanggal 25 nanti, menurut Menpora, akan ditentukan mana venue yang akan digunakan pada Piala Dunia FIFA U-20.

    Ia juga menjelaskan bahwa ada 10 stadion yang di-submit atau dimasukkan ke FIFA, baru kemudian nanti ditentukan stadion mana yang akan digunakan. “Informasi awalnya itu akan menggunakan 6 stadion. Tetapi kemudian informasi yang masuk lagi, untuk efisiensi dan koordinasi supaya cepat, FIFA hanya akan menggunakan 4. Tapi kita lagi negosiasi, kita minta supaya tetap kembali ke enam, enam venue stadion,” kata Menpora.

    Mengenai kekurangan-kekurangan apa yang disampaikan oleh FIFA, Menpora berjanji akan segera memperbaiki.

    “Karena ada yang seperti GBK itu yang skornya paling tinggi pembenahan-pembenahannya minor saja, tetapi ada juga yang mayor gitu. Nah itu tergantung FIFA menentukannya seperti apa kita akan ikut,” tambahnya.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Alasan diusulkan banyak stadion, menurutnya, agar daerah-daerah juga bisa merasakan atmosfer pertandingan internasional dan secara teknis penggunaan 6 lapangan daripada 4 lapangan terkait banyaknya frekuensi penggunaan rumput.

    Mengenai stadion yang terkena banjir, Menpora menyampaikan bahwa alasannya bukan karena itu melainkan karena kualitas lapangan. “Shin Tae Yong (pelatih Timnas, red) tidak menyampaikan soal banjir tetapi kualitas lapangan. Menurut kita kan sudah bagus itu lapangan tapi ternyata sehari dia datang ke situ, kelihatan dari luar bagus di dalamnya standarnya belum. Dikhawatirkan akan cedera anak-anak, sangat gampang cedera,” jelas Menpora.

    Terkait lapangan tersebut, Menpora menyampaikan akan berkoordinasi dengan Ketua Umum PSSI untuk mencari lapangan pengganti.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    “Nah saya bilang, usulan PSSI di mana nanti pemerintah yang akan bantu untuk memutuskan itu,” tambahnya.

    Soal perbaikan stadion, menurut Menpora, anggaran itu ada di Kementerian PU.

    “Kemenpora akan menunggu rancangan anggaran biaya yang disiapkan oleh PSSI baik untuk penyelenggaraan maupun untuk Timnas itu sendiri,” katanya.

    Sekarang, lanjut Menpora, sedang menunggu rapat yang ada di markasnya FIFA. “Kan kita belum tahu yang akan di-handle oleh FIFA itu apa dan kemudian yang akan menjadi bagian tanggung jawab Indonesia apa. Setelah itu baru kita tahu dan akan kita susun anggarannya,” ujarnya. (wt)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan